Bawaslu Pati Akan Blusukan Rawat Desa Anti Money Politik dan Desa Pengawasan

101fm, Pati Kota - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pati akan terus merawat desa anti money politic dan desa pengawasan yang dibentuknya di enam desa. Bawaslu akan blusukan ke desa-desa percontohan untuk menguatkan mentalitas terhadap pelanggaran yang senantiasa terjadi di setiap berlangsungnya proses demokrasi.
Bawaslu akan tetap melakukan pendampingan dan pembinaan terhadap desa-desa anti money politic dan pengawasan. Ini merupakan upaya menjadikan desa-desa di Kabupaten Pati yang berani menolak politik uang dan siap menjadi desa pengawasan partisipatif saat pemilu berlangsung.

"Untuk merawatnya kita akan selalu hadir di tengah-tengah kegiatan mereka. Seperti yang telah kita lakukan di masyarakat seperti rapat-rapat RT/RW. Jadi seperti di Desa Gunungsari Kecamatan Tlogowungu basis pembinaannya adalah RT karena setiap sebulan melakukan arisan," demikian Komisioner Bawaslu Divisi Hukum Data dan Informasi Achwan, saat konferensi pers di aula Bawaslu Kabupaten Pati, Senin (30/12/2019).
Selain itu, kata Komisioner Bawaslu Pati Divisi Penyelesaian Sengketa Suyatno, pihaknya juga berharap kepala desa dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) agar mengalokasikan dana dari desa untuk membentuk kader-kader tolak money politic dan posko pengawasan. Ini bisa dilakukan dengan menggandeng kepolisian dan pemerintah desa. "Nanti kita bersama kader-kader tolak money politic dan kader pengawasan akan berdiskusi melalui program yang sudah kita rencanakan itu 'Sekolah Pengawasan'. Nanti silabus, kurikulum dan SOP-nya akan kita bahas di 2020 yang akan datang," terang Komisioner Bawaslu Kabupaten Pati Suyatno.
Ketua Bawaslu Kabupaten Pati Ahmadi menegaskan, pihaknya masih merawat proses demokrasi di desa-desa anti money politic dan pengawasan yang sudah terbentuk. Tentu untuk hasilnya akan diuji di pemilu-pemilu mendatang, apakah nantinya kedua permasalahan klasik itu semakin tinggi atau menurun tajam.(pas-gus)

0
0
0
s2sdefault
Joomla templates by a4joomla