Jamaah Haji Asal Pati Kloter 39 Persiapkan Kepulangan Ke Tanah Air

Pati – Rombongan jamaah haji asal kloter 39 yang merupakan gabungan jamaah haji Kabupaten Pati asal KBIH Al Kidmah, KBIH Zam Zam NU, dan KBIH Assalam, kini mulai mempersiapkan kepulangan mereka. Rencananya, mereka akan diterbangkan dari Bandara King Abdul Aziz Jeddah, pada Senin malam (18/9).

Seluruh jammah haji Kabupaten Pati yang terbagi dalam enam kelompok terbang (kloter) itu, saat ini masih berada di Mekkah. Jumlah jamaah haji Kabupaten Pati menjelang kepulangannya ke tanah air berkurang satu, atas nama Mustari Jastro Padi, 71 tahun, warga RT.2/RW.3, Desa Ketanggan, Kecamatan Gembong, karena meninggal dunia. Almarhum tergabung dalam rombongan 5, regu 2, kelompok terbang (kloter) 39. Almarhum meninggla pada Sabtu lalu (9/9).
Kepala Kemenag Pati, Akhmad Mundakir, melalui Kasi Urusan Haji dan Umroh, Abdul Khamid mengatakan, kondisi jamaah haji Kabupaten Pati secara keseluruhan sehat, meski masih ada satu atau dua orang yang harus dirujuk ke Kantor Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) maupun ke tempat medis kloter.
“Tapi, secara keseluruhan sehat, kecuali ada informasi duka pada Sabtu lalu (9/9), atas nama Mustari Jastropadi kloter 39. Kemudian sehari kemudian Tim Haji Kemenag  Pati datang ke rumah duka di Desa Gembong untuk menyampaikan rasa duka,” katanya.
Abdul Khamid menambahkan,  kloter 39 akan tiba di Kabupaten Pati pada Selasa (19/9). Dan secara berangsur – angsur, tim pemberangkatan dan pemulangan haji Kemenag Pati akan kembali bekerja untuk menyambut kedatangan rombongan jamaah haji kloter 88, kloter 89, dan kloter 90 pada Rabu (4/10), serta rombongan jamaah haji kloter 91 dan kloter 92 pada Kamis (5/10).
“Untuk air zam-zam yang merupakan souvenir, saat ini posisinya sudah berada di Kantor Kemenag Pati, dan akan dibagikan pada saat kepulangan jamaah haji ketika mereka mengambil koper mereka.  Perorang lima liter air zam-zam,” tutur Abdul Khamid.
Pada tahun ini, masyarakat Kabupaten Pati yang selesai menunaikan ibadah haji total mencapai 1.665 orang.(•)

0
0
0
s2sdefault
Joomla templates by a4joomla