Waspada Bencana di Pati, 57 Desa Rawan Banjir, 26 Desa Lainnya Rawan Longsor

101fm, Pati Kota – Memasuki musim pengujan sekarang ini, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pati telah memetakan daerah rawan banjir dan tanah longsor. Bahkan, desa-desa rawan kedua bencana itu telah disosialisasi dan diedukasi terkait kebencanaan.

57 desa di 13 kecamatan, dan 26 desa di 6 kecamatan di Kabupaten Pati merupakan daerah rawan banjir dan rawan tanah longsor. BPBD telah bergerak dan berkoordinasi dengan stakeholder yang nantinya dapat membantu dalam penanggulangan bencana alam. Menurut Plt Kalahar Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pati Hadi Santoso, untuk kecamatan dan desa yang rawan banjir maupun tanah longsor itu, pihaknya telah sudah mengirimkan surat edaran maupun mellaui media sosial yang berisi imbauan agar warga waspadai bencana. “Dan setiap hari kami informasikan keadaan cuaca yang bisa berpengaruh terhadap keadaan di Pati khususnya desa-desa yang berada di pinggiran Sungai Juwana. Desa-desa rawqn banjir ini huga sudah kami edukasi dengan membentuk desa tangguh bencana, serta menyebarkan brosur dan penyuluhan,” kata Hadi Santoso.
BPBD Pati juga telah menyediakan sarana prasarana seperti mobil dan sepeda motor maupun kendaraan air berupa perahu untuk menjangkau daerah bencana, maupun menyiapkan bantuan logistik. Ini sebagai upaya untuk menanggulangi dan mengurangi risiko bencana alam. “Kita sudah menyiapkan beberapa logistik mengantisipasi bencana tahun ini. Ada sembako, tenda, selimut dan sebagainya,” tuturnya.
Plt Kalahar BPBD Pati Hadi Santoso mengatakan, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan stakeholder yang siap membantu dalam penanggulangan bencana alam seperti DPU-TR, Kodim, Polres, Satpolair, dan relawan tanggap bencana.(pas-gus)

0
0
0
s2sdefault
Joomla templates by a4joomla