Kapal Penangkap Ikan Asal Juwana Kandas di Perairan Papua

101fm, Pati Juwana – Sebuah Kapal penangkap ikan asal Juwana Kabupaten Pati kandas di perairan Papua turut Distrik Mimika Timur Jauh Provinsi Papua, Senin (10/2/2020). Kandasnya kapal tersebut akibat mengalami kebocoran di lambung kapal ketika mencari perlindungan dari cuaca buruk dan gelombang besar.

Peristiwa yang menimpa Kapal Motor (KM) Remo Wijaya Sakti 02 asal Juwana Kabupaten Pati dengan 44 anak buah kapal (ABK) dan nahkodnya itu terjadi pada pukul 7.00 WIT. Untungnya dalam peristiwa kandasnya kapal yang dinahkodai Heri Kuswayo asal Pati itu, seluruh anak buah kapal (ABK) berhasil diselamatkan setelah ditolong sesama nelayan yang melintas di sekitar tempat kejadian.
Menurut informasi yang kami dapat dari relawan penanggulangan bencana Pati, hingga saat ini pihak terkait seperti Basarnas, Satpolair, TNI AL dan pengurus kapal sedang melakukan pemantauan pelaksanaan evakuasi terhadap ABK KM Remo Wajaya Sakti 02. “Kronologis kejadian sekitar pukul 07.00 WIT telah menerima laporan dari Hedi Kusmanto selaku pengurus kapal Juana kepada kantor Basarnas Timika. Inti informasinya menyebutkan pada hari itu telah terjadi musibah Laka Laut yang dialami KM. Remo Wijaya Sakti 02 asal Juwana,” mengutip laporan yang terlibat dalam evakuasi KM Remo Wiijaya Sakti 02.
Tak lama berselang, nelayan lokal yang melintas di sekitar tempat kejadian perkara, langsung melakukan upaya evakuasi dan berhasil mengangkut sembilan ABK menuju Mako Polairud Polres Mimika. Sesampainya Mako Polairud petugas mendata dan memintai keterangannya terkait musibah yang dialaminya. Semua kelengkapan diri dan identitasnya para ABK telah hilang tenggelam pada saat kapal mengalami kandas/karam. “Kemudian Semi (masyarakat lokal) melakukan evakuasi 32 ABK dan membawanya menuju Mako Polairud Polres Mimika untuk dilakukan pendataan serta dimintai keterangannya,” kata petugas dalam laporannya yang disebar kepada sejumlah media masa.
Tim Basarnas bersama dengan Anggota Lanal Timika melaksanakan evakuasi terhadap ABK yang masih berada di kapal dengan menggunakan Perahu Karet RIP milik Basarnas kembali berhasil menyelamatkan Heri Kuswayo (Nahkoda KM. Remo Wijaya Sakti 02) bersama seorang ABK Muh Eko Dwi Prasetyo.
Setelah seluruh narkoda dan ABK berhasil dievakuasi selanjutnya dibawa ke Kantor Sekretariat Persatuan Warga Pati (PWP) Mimika di Jl Irigasi Gg Semangka Mimika didampingi Pengurus Kapal wilayah Mimika.
Akibat musibah laka laut yang dialami KM Remo Wijaya Sakti 02, 44 ABK bersama narkoda kapal selamat, sedang kerugian material mencapai milyaran rupiah.(pas-gus)

0
0
0
s2smodern
Joomla templates by a4joomla