Sepekan Diperbaiki, Tanggul di Desa Srikaton Kecamatan Kayen Jebol Lagi

101fm, Pati Kota – Tanggul sungai di Desa Srikaton Kecamatan Kayen kembali jebol, akibat luapan Sungai Mangin I, Senin (10/2/2020). Akibatnya puluhan rumah warga yang berdekatan dengan tanggul itu kembali tergenang.
Luapan Sungai Mangin yang melintas di permukiman warga itu mengakibatkan tanggul jebol selebar empat meter, dan kerusakan tanggul sepanjang dua puluh lima meter. Meski tak separah pada sebelumnya, jebolnya tanggul untuk kedua kalinya di tempat yang sama itu juga berdampak 135 rumah tergenang banjir.

Kades Srikaton Kecamatan Kayen Sarjono mengatakan, tanggul tersebut kembali jebol akibat air Sungai Mangin yang meluap dan menggerus tanggul yang baru saja diperbaiki. “Sebelumnya sudah pernah terjadi tanggul jebol dan telah ditangani pihak terkait dengan menutup tanggul tersebut menggunakan tanah padas,”
Sarjono mengatakan jebolnya tanggul itu karena gerusan debit arus air sungai yang berhulu di Desa Durensawit Kecamatan Kayen. Volume air sungai tersebut meningkat setelah sebelumnya kawasan hulu diguyur dengan curah hujan yang tinggi. Saat terjadi peningkatan volume yang mengalir dengan debit air yang tinggi menghantam tanggul di tingkungan sungai itu. “Karena derasnya hantaman debit air, tanggul dengan ketebalan 1,5 meter akhirnya kembali jebol,” tuturnya.
Pascabencana tanggul jebol, kata Kades Srikaton Kecamatan Kayen Sarjono warga dibantu personil TNI/Polri, BPBD dan relawan bergotong royong melakukan penebalan tanggul yang jebol tersebut.(pas-gus)

0
0
0
s2smodern
Joomla templates by a4joomla