Desa-Desa di Kecamatan Juwana Disiagakan Antisipasi Banjir

101fm, Pati Juwana – Sebagian wilayah Kecamatan Juwana merupakan daerah langganan banjir. Untuk itu, masyarakat di daerah-daerah rawan banjir terutama di bantaran sepanjang Sungai Juwana untuk siaga terhadap ancaman bencana alam. Masyarakat sejumlah desa di Kecamatan Juwana diimbau untuk waspada bencana alam, khususnya ancaman banjir yang bisa datang tiba-tiba. Karena dalam beberapa pekan terakhir ini cuaca ekstrim terjadi dengan cepatnya.

Diwawancara PAS Pati Sabtu pagi (4/1/2020), Camat Juwana Sugiyono mengatakan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan desa-desa rawan bencana alam banjir agar warganya selalu waspada banjir. Seperti Desa Doropayung, Desa Kedungpancing, Desa Jepuro, dan Desa Tluwah. “Alhamdulillah mereka stand by (bersiap di tempat), telpon seluler aktif dua puluh empat jam sesuai perintah bupati, dan kita juga sudah menyiapkan tempat pengungsian untuk menampung seandainya ada yang mengungsi,” jelasnya.
Sesuai instruksi Bupati Pati Haryanto, kata Camat Juwana Sugiyono antisipasi awal telah dilakukan dengan bersih-bersih agar tidak ada lagi sampah yang menyumbat aliran air. “Kami berharap seperti tahun-tahun sebelumnya tidak terjadi banjir di Juwana pada tahun ini,” terang Sugiyono.
Menyinggung penyiapan posko penanggulangan untuk mengurangi risiko banjir, kata Camat Juwana Sugiyono menjadi kewenangan BPBD, sementara pihaknya hanya menyiapkan lokasi, dan mengkoordinasikan gerakan waspada bencana kepada kepala dan perangkat desa, meski di Kecamatan Juwana ada desa tanggap bencana.(pas-gus)

0
0
0
s2sdefault
Joomla templates by a4joomla