SMK BTB Juwana Launching Program Coding dan Internet of Things

101fm, Pati Juwana – Di usia ke lima puluh tahun ini dan perkembangan dunia industry dibarengi teknologi informatika yang semakin cepat, SMK Bhina Tunas Bhakti (BTB) meluncurkan program pembelajaran berbasis revolusi industry 4.0. Ini sekaligus menyiapkan lulusan SMK BTB yang memiliki kompetensi dan bersertifikat untuk memasuki dunia industry.  Tanpa karakter yang baik, anak terampil dan pinter pun akan percuma, itu lah yang memuicu SMK Bhina Tunas Bhakti (BTB) Juwana berkepentingan mengembangkan kepribadian bagi anak didiknya. Apalagi sekolah yang berdiri lima puluh tahun lalu itu berbasis pada industry.

Usai melaunching program Internet of Things dan Coding di sekolahnya, Sabtu pagi (4/1/2020), Kepala SMK BTB Juwana Roeslan mengatakan, dengan berbasis idustri itu pada 1987 lalu pihaknya banyak menjalin kerja sama dengan perusahaan-perusahaan industry nasional yang bergerak di bidang otomotif. “Itu awalnya untuk menarik siswa agar lebih termotivasi untuk ke jenjang dunia industry maupun dunia kerja hingga saat ini. Dengan perkembangan IT sekarang tidak cuma siswa tapi juga guru dituntut untuk melek IT, oleh karena itu pada hari ini kita launching IOT dan smart school learning karena sudah terbiasa namun belum diresmikan,” kata Roeslan.
Kepala SMK BTB Juwana menambahkan, sebelumnya sekolah menengah kejuruan yang dipimpinnya itu,  juga telah berhasil mengembangkan konsep pembelajaran di SMK berbasis produksi (teaching factory) dengan produksi pembuatan alat angkut vertical (lift) yang hingga sekarang masih berlanjut. “Itu lift-nya dibuat sendiri sedang mesinnya masih beli karena Indonesia belum mampu membuat masalahnya. Dengan anak dipacu untuk berinovasi akhirnya berkembang dengan baik,” katanya.
Kepala SMK BTB Juwana Roeslan mengaku, sejumlah perusahaan mengantre untuk merekrut lulusan SMK BTB setiap akhir tahun pelajaran, untuk bekerja di berbagai perusahaan industry, baik dari jurusan teknik gambar bangunan, teknik otomotif, teknik permesinan, maupun jurusan teknik elektronika industry.(pas-gus)

0
0
0
s2sdefault
Joomla templates by a4joomla