Jelang Imlek, Warga Lintas Agama Akan Bersih-Bersih Klentheng Hok Tik Bio Pati

101fm, Pati Kota – Warga lintas agama dan suku di Kota Pati akan bersih-bersih Klentheng Hok Tik Bio. Ini untuk sebagai bentuk saling bertoleransi antar umat beragama menyambut pergantian tahun baru China atau Imlek 2571.  Jelang pergantian tahun baru China (Imlek) 2571, masyarakat Koentheng Hok Tik Bio Pati, aakan menggelar kirap budaya dan para dewa. Panitia penyelenggara kini mulai bersiap untuk memulai dengan sejumlah kegiatan, diantaranya membersihkan dewa-dewa yang tersimpan di dalam klentheng, maupun bersih-bersih disekitar lingkungan klentheng.

Ketua Klentheng Hok Tik Bio Pati Eddy Siswanto mengatakan, bersih-bersih klentheng itu akan dilakukan pada Minggu mendatang (12/1/3020). Saat bersih-bersih itu nanti, sejumlah warga lintas iman dan suku akan mengikuti kegiatan itu. “Urut-urutan kegiatan itu diawali dengan bersih-bersih klentheng yang diikuti oleh warga antar umat beragama,” ujar Edsy Siswanto.
Rangkaian kegiatan lainnya, kata Eddy Siswanto juga akan menyelenggarakan pasar imlek oleh pihak kedua. Klentheng menyerahkan kegiatan pasar imlek itu, karena panitia penyelenggara sebagian sudah lanjut usia. Pada H-1 Imlek, panitit penyelenggara akan membagi-bagikan dua ton kue ranjang kepada masyarakat dan pada puncak imlek akan diselenggarakan kirab budaya. “25 Januari akan diselenggarakan kirab budaya yang diikuti beberapa klenthengnyang baru tahun ini ‘Dewa Bumi’kleuar dari rumah klentheng untuk mengikuti kirab, thong thek, peserta pakaian adat nusantara dan lokal Pati,” terangnya.
Kirab budaya dengan mengikutsertakan Klentheng Chong Hok Bio Tluwah Juwana, King Hok Bio Demaan Juwana, serta Klenthengn Hok Tik Bio Pati, empat barongsay, drum band serta dewa-dewa yang disakralkan di Klentheng Hok Tik Bio Pati.(pas-gus)

0
0
0
s2sdefault
Joomla templates by a4joomla