Pemkab Pati Bentuk Satgas Khusus Tangani Sampah

101fm, Pati Kota – Pemerintah Kabupaten Pati akan membentuk satuan tugas (Satgas) yang khusus menangani sampah. Saat ini masih dalam koordinasi dan sinkronisasi antar pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) untuk menyusun draft satgas sampah.
Pembentukan satuan tugas (Satgas) sampah ini merupakan menjabaran Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Pati Nomor 7 tahun 2010 tentang pengelolaan sampah dan Peraturan Bupati (Perbup) Pati Nomor 33 tahun 2019 tentang pengurangan sampah plastik, serta SE Bupati Pati kepada seluruh Kades tentang pengelolaan persampahan di tingkat desa dengan menggunakan sebagian dana desa.

“Kami kemarin baru merancang draft Satgas Sampah ini yang melibatkan semua kepala OPD didukung stakeholder diharapkan dapat menangani sampai ini hingga ke akar rumput. Karena Kabupaten Pati memiliki 1,3 juta penduduk dengan daerah yang luas perlu ada tim yang sampai ke bawah,” demikian Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pati Purwadi saat diwawancara radio PAS Pati.
Menurut Purwadi, nanti para camat diperintahkan untuk membentuk sub-sub Satgas Sampah dengan melibatkan penyuluh yang ada di UP-UPT di kecamatan untuk menjangkau hingga ke desa-desa dalam penanganan dan pengelolaan sampah. “Permasalahan sampah ini yang tahu persis yang ada di wilayah-wilayah, kalau ke kabupaten itu menunggu laporan sehingga lama. Karena banjir yang terjadi itu disebabkan sampah-sampah yang berserakan di sungai-sungai. Nanti intinya, warganya tidak boleh membuang sampah sembarang. Dan nanti akan ada tempat sampah yang langsung digunakan untuk pemilahan dari sumbernya kemudian ada pemanfaatan, yang dijual sedang residunya baru kita buang di TPA,” ujarnya.
Kepala DLH Kabupaten Pati Purwadi mengatakan, inovasi penanganan sampah dengan pembentukan satgas ini memerluhkan energy baru baik sumber daya maupun infrastrukturnya serta melibatkan semua lembaga lintas sektor.(pas-gus)

0
0
0
s2smodern
Joomla templates by a4joomla