Sering Jadi Langganan Banjir, Warga Desa Muktiharjo Swadaya Perbaiki Tanggul

101fm, Pati Margorejo – Warga Desa Muktiharjo Kecamatan Margoyoso terpaksa swadaya untuk perbaikan tanggul sungai yang melintas di permukimannya. Ini dilakukan karena daerahnya senantiasa menjadi langganan banjir setiap kali hujan dengan intensitas tinggi turun di kawasan lereng muria.
Saluran Sungai Jiglong yang melintas di Desa Muktiharjo Kecamatan Margorejo, selalu meluap hingga menggenangi rumah-rumah warga. Ini terjadi karena tanggul yang jebol karena terkikis derasnya aliran air hingga merusakkan pondasi dasar dan tepi hulu sungai pada titik-titik tertentu.

Ketua RT.8/RW.3 Alim Mustakim mengatakan, Sungai Hulu Jiglong dibuat atas audiensi warga kepada bupati. Sejak dibuatkan aliran sungai tersebut, belum ada bantuan perawatan dari pemerintah. “Kerusakan yang baru-baru ini terjadi pada pertengahan Januari 2020, dimana banjir bandang merendam 70 rumah. Tak hanya itu, tepi sungai dan tanah penyangga sebagai dasar jalan perumahan pun tergerus air. Hal ini membuat kecemasan warga karena berpotensi terjadi kerusakan lebih parah apabila tidak ditangani dengan cepat,” jelasnya.
Mengingat perbaikan ini bersifat swadaya dari warga dan donatur, maka tidak bisa terselesaikan keseluruhan sesuai kebutuhan sepanjang 120 meter dengan kedalaman satu meter dan tebal 60 sentimeter. Sementara warga hanya mampu menggarap tepi sungai sepanjang 40 meter dengan kedalaman 70 sentimeter dan tebal 40 sentimeter, dengan menghabiskan sekali perbaikan menelan biaya 15 juta rupiah.
“Dalam kurun waktu itu, warga berswadaya baik pembiayaan dan tenaga untuk perbaikan aliran air yang kebetulan melintas di tengah perumahan. Kalau kebutuhan 120 meter, kita baru kerjakan 40 meter. Kita menunggu dana bantuan, kalau tidak ya swadaya masyarakat lagi,” tutur Alim Mustakim.
Ketua Rt 8 RW 3 Desa Muktiharjo Kecamatan Margorejo Alim Mustakim berharap pemerintah segera turun tangan menangani permasalan ini, untuk memberikan rasa amar warga karena bila kerusakan terus dibiarkan justru tanggul akan ambrol.(pa-gus)

0
0
0
s2smodern
Joomla templates by a4joomla