RSU Fastabiq Pati Simulasikan Penanganan Pasien Suspek Virus Corona

101fm, Pati Kota – Tim RSU Fastabiq Sehat PKU Muhammadiyah menyimulasikan kesiapsiagaan rumah sakitnya menangani pasien terduga (suspek) virus corona, Senin (17/2/2020). Simulasi ini menjadi bagian kesiapsiagaan rumah sakit ini, sekaligus mengedukasi masyarakat melakukan tindakan yang tepat saat menolong pasien terduga virus corona.
Ada beberapa adegan penanganan pasien terduga (suspek) virus corona oleh tim RSU Fastabiq Sehat Pati pada simulasi itu. Adegan dimulai dari saat petugas rumah sakit menerima telepon adanya pasien yang mengalami deman, flu, dan batu sepulang dari Provinsi Wuhan China, evakuasi, penanganan di ruang isolasi hingga mengirim pasien ke rumah sakit rujukan kelas B.

Direktur Utama RSU Fastabiq Sehat PKU Muhammadiyah Pati dr Aldila S Al Arfah mengatakan, simulasi itu sebagai upaya kesiapsiagaan rumah sakit, sehingga petugas sudah sigap dan mampu melaksanakan tatalaksana dan prosedur yang ditetapkan bila menemui pasien dengan suspek coronavirus. “Jadi tadi adegannya kita menerima pasien dari FKT (pelayanan primer) Klinik Fastabiq, kemudian mengevakuasi ke IGD RSU Fastabiiq Sehat PKU Muhammadiyah, dilakukan stabilisasi pasien dengan pemberian penanganan yang memadai terutama support pernafasan dan sebagainya kemudian kita rujuk ke rumah sakit kelas B,” ujarnya.
Aldila S Al Arfah menegaskan, pihaknya telah siap secara kemampuan tim, kelengkapan peralatan support sistem, prosedur standar operasional hingga tenaga medisnya. “Insya Alah kesiapan kita memadai untuk menangani pasien dengan suspek virus corona. Kita juga punya dokter spesialis paru. Karena corona virus ini yang diserang saluran pernafasan atau infeksi paru-paru, juga ada dokter anak kalau nanti infeksi menyerang anak yang dewasa kita punya dokter penyakit dalam, bahkan dokter spesialis kandungan kalau ada pasien suspek corona virus dalam kondisi hamil,” terang Aldila S Al Arfah.
Direktur Utama RSU Fastabiq Sehat PKU Muhammadiyah Pati dr Aldila S Al Arfah menjelaskan, penyakit mematikan karena terinfeksi virus korona ini diawali dengan gejala demam, batuk pilek, sesak nafas, letih lesu, atau terpapar langsung maupun terpapar di tempat-tempat orang yang bermigrasi dari daerah endemic (Wuhan, China). Virus ini memiliki masa inkubasi selama dua pekan, untuk menyelamatkan orang tersuspek virus ini dengan membawanya ke rumah sakit terdekat.(pas-gus)

0
0
0
s2smodern
Joomla templates by a4joomla