Aliansi Nelayan Indonesia di Juwana Siap Dukung Pemerintah ke Natuna

101fm, Pati Juwana – Aliansi Nelayan Indonesia (ANI) di Juwana Kabupaten Pati menyambut baik kebijakan pemerintah agar nelayan memindahkan lokasi penangkapan ikannya ke perairan Natuna.
Ketua Aliansi Nelayan Indonesia (ANI) Hery Budiyanto mengatakan, pihaknya siap mengerahkan seratusan kapal nelayan penangkap ikan ke perairan Natuna, asal ada jaminan keamanan di laut serta kemudahan mendapatkan perbekalan seperti BBM. “Kami minta dijaga. Karena kami pernah ke Natuna ada penangkapan sehingga kami masih trauma. 

Tapi harapan pemerintah nelayan ke Natuna kami sangat mendukung sekali, sambul menjaga batas wilayah kedaulatan Indonesia. Selama ini sesama nelayan Indonesia tidak pernah konflik, kecuali dengan nelayan luar negeri sampai lempar-lemparan menggunakan es balok. Pengalaman kami dulu memang hasilnya sangat memuaskan. Makanya dengan adanya dibukanya kembali Natuna kita sangat bersyukur sambul menjaga laut kita di sana,” katanya.
Hery Budiyanto mengatakan, sebelum ada larangan dari pemerintah hampir sebagian besar nelayan di Juwana Kabupaten Pati mencari ikan di laut/perairan Natuna. Tapi sejak muncul larangan dengan berbagai persyaratan, nelayan Juwana berpindah lokasi penangkapan di laut Makasar dan sekitar laut Jawa. “Kalau biaya memang ada perbedaan karena perjalanan ke Natuna hingga lima hari, empat puluh hari pulang itu karena pakai es balok, kecuali kapal yang dilengkapi freezer atau pendingin,” kata Hery Budiyanto.
Ketua Aliansi Nelayan Indonesia (ANI) di Juwana Kabupaten Pati Hery Budiyanto mengatakan, selain bagus dan besar, harga ikan dari perairan Natuna lebih mahal.(pas-gus)

0
0
0
s2sdefault
Joomla templates by a4joomla