Kapolres Sampaikan Apresiasi, Dandim Bangkitkan Tekad Nelayan Juwana ke Natuna

101fm, Pati Juwana – Tekad Aliansi Nelayan Indonesia di Juwana mendukung langkah pemerintah untuk menangkap ikan di perairan Natuna Riau, mendapat apresiasi positif dari Kapolres Pati AKBP Bambang Yudhantara Salamun. Di sisi lain Dandim 0718/Pati Letkol CZi Adi Ilham Zamani memberikan sokongan semangat para nelayan.
Klaim sepihak China atas Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) di perairan Natuna, mengundang reaksi masyarakat Indonesia termasuk para nelayan. Nelayan Pati di Juwana bahkan menyatakan tekad mendukung kebijakan untuk menangkap ikan di perairan Natuna yang kaya akan sumber daya alamn (SDA).

Saat bersilahturahmi dengan Paguyuban Nelayan Cantrang di Juwana, Kapolres Pati AKBP Bambang Yudhantara Salamun didampingi Dandim 0718/Pati Letkol CZi Adi Ilham Zamani mengapresiasi tekad para nelayan Juwana mencari ikan di Natura memenuhi permintaan pemerintah pusat. “Menurut saya ini niat yang sangat mulai sekali dari masyarakat nelayan di Juwana yang tergabung di paguyuban nelayan. Kehadiran mereka di Natuna bukan hanya mengais rejeki tapi juga demi menjaga kedaulatan wilayah Indonesia dan ini menunjukkan eksistensi bahwa mereka siap mempertahankan NKRI,” terangnya.
Selain apresiasi dan penghargaan kepada nelayan Juwana, kata Kapolres Pati AKBP Bambang Yudhantara Salamun pihaknya bersama Kodim 0718/Pati berkewajiban menjaga keluarga saat ditinggalkan pergi menangkap ikan di Natuna nanti.
Dandim 0718/Pati Letkol Czi Adi Ilham Zamani mengatakan luas wilayah Indonesia 70 % terdiri atas lautan. Dan perairan atau laut Natua merupakan Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Indonesia yang saat ini China mengklaim sebagai wilayah lautnya. Untuk itu, seluruh elemen bangsa Indonesia akan tetap berupaya sekuat tenaga mempertahankan wilayah tersebut. “Dalam jangka pendek ini Nelayan akan beroperasi di wilayah Natuna dan Kami sari TNI akan membantu dalam hal pengamanan di laut Teritorial Indonesia. Tugas TNI menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia,” tegas Dandim 0718/Pati Letkol CZi Adi Ilham Zamani.
Pada kesempatan itu, Paguyuban Kapal Cantrang Juwana menyampaikan pernyataan sikapnya siap mengerahkan seratusan kapal penangkap ikan ke perairan Natuna, sebagai reaksi positif permintaan pemerintah.(pas-gus)

0
0
0
s2sdefault
Joomla templates by a4joomla