Temuan Siswa SMA PGRI 2 Kayen Tembus Final ISPO 2020

101fm, Pati Kayen – Temuan tim sains terapan SMA PGRI 2 Kayen tembus final kompetisi Indonesian Science Project Olympiad (ISPO) 2020. Temuan tim sains terapan SMA PGRI 2 Kayen ‘Sabun Bioantiseptik’ ini akan berkompetisi dengan ratusan temuan lainnya dari sekolah-sekolah se-Indonesia di Tangerang Banten, 20-23 Februari 2020 mendatang.

Tim sains terapan SMA PGRI 2 Kayen itu beranggotakan Diah Kusuma Wardani dan Kamila Rafiq. Kedua siswa ini menemukan sabun bioantiseptik berbahan klotok randu dan bawang putih.
Menurut Kepala SMA PGRI 2 Kayen Surata MPd, project sains itu merupakan pengembangan dari project sains Apriliyani yang pernah sukses di Mostratec tahun 2013. “Untuk kali ini Alhamdulillah, kami mendapatkan kehormatan lagi. Kehormatan-kehormatan seperti ini setiap tahun kami dapatkan seperti ini. Dan tahun ini kami mendapat kesempatan untuk mengikuti ajang ISPO yang diselenggarakan setahun sekali kebetulan kami masuk final,” tutur Surata.
Untuk tahun ini, kata Kepala SMA PGRI 2 Kayen Surata Jawa Tengah diwakili SMAN 3 Semarang, SMAN 1 Kudus dan SMA 2 PGRI Kayen. Surata berharap temuan akan didiknya mampu bersaing dengan project sains yang dari seluruh Indonesia, mengulang seperti tahun-tahun sebelumnya. “Dan tahun lalu kita sudah mewakili Indonesia ke tingkat internasional di Brazil meraih juara ketiga. Mudah-mudahan kami bisa memberikan contoh sekolah yang lain untuk bersama-sama membangun pendidikan di Kabupaten Pati khususnya dibidang sains terapan,” katanya.
Guru pembimbing Mohamad Rauf, M.Si optimis temuan sabun bioantiseptik ini mampu memperoleh medali. Karena semua indikator uji telah tercapai bahkan untuk kemampuan anti bakteri yang dihasilkan mampu menyamai produk dari sabun antiseptik terkemuka di Indonesia. Uji anti bakteri ini dilakukan di lab Terpadu UNDIP sehingga keakuratannya bisa dipertanggung jawabkan.(pas-gus)

0
0
0
s2smodern
Joomla templates by a4joomla