Penanganan Sementara Longsor di Desa Medani dengan Gotong Royong

101fm, Pati Cluwak - Personil Koramil, Polsek, Forkompimcam Cluwak bersama masyarakat Desa Medani membersihkan longsoran tanah yang menutup jalan poros desa, Jumat pagi (21/2/2020). Pembersihan longsoran tanah yang menutupi jalan itu berlangsung selama empat jam hingga pukul 11.00. Ini dilakukan agar lalulintas warga dari Desa Medani Cluwak Kabupaten Pati ke arah Desa Tempur Kabupaten Jepara dan sebaliknya dapat normal kembali.

Camat Cluwak Luky Pratugas Narimo kepada radio PAS Pati mengatakan, longsoran tanah itu terjadi pada Kamis siang kemarin (20/2/2020). Sedang evakuasi longsoran baru dapat dilakukan pada keesokan paginya, karena hujan yang masih turun dikawatirkan ada longsor susulan. “Jadi hujan yang mengguyur sebagian wilayah Pati pada Kamis dinihari menjadi dinihari hingga Jumat dinihari masih mengguyur di wilayah kami, ini yang menjadi pemicu terjadinya longsor menurut dugaan kami,” kata Luky.
Camat Cluwak mengatakan, lokasi longsor berada di wilayah obyek wisata Rimong Indah. Dan di lokasi itu merupakan akses yang efisien menuju ke menuju Desa Tempur Kabupaten Jepara ketimbang harus lewat Desa Sirahan. “Pascalongsor itu terpaksa kita tutup. Karena sesuai tadi pengamatan kami di lapangan ternyata tidak hanya longsor tapi sebagian ruas jalan juga tergerus untuk evakuasi material longsor setelah selesai dan aman kita buka kembali,” tuturnya.
Camat Cluwak Luky Pratugas Narimo menjelaskan, karena hujan turun lagi, serta untuk menjaga keselamatan bersama, sehingga pembersihan material longsong belum bisa seratus persen. Pembersihan akan kembali dilakukan hingga kondisi benar-benar aman.(pas-gus)

0
0
0
s2smodern
Joomla templates by a4joomla