Tanam Ratusan Bibit Pohon Aren di Desa Guyangan

101fm, Pati Kota – Lahan-lahan kosong di satu desa di Kecamatan Winong menjadi lokasi penanaman ratusan bibit pohon aren. Penanaman ini, untuk menjaga kelestarian alam di kawasan pegunungan kendeng untuk menahan tanah longsor, meski dalam jangka waktu beberapa tahun kedepan.
Lokasi penanaman bibit pohon aren itu di Dukuh Cabean Desa Guyangan Kecamatan Winong. Penanaman melibatkan personil Kecamatan, Polsek dan Koramil Winong, perhutani, kades, Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) setempat dan personil BPBD.

Camat Winong Sunaryo mengatakan, penanaman bersama tersebut untuk mengamankan lahan-lahan pegunungan kendeng yang kritis. “Diharapkan dengan penanaman bibit pohon aren itu tidak terjadi longsor. Selain itu dari tanaman hasilnya juga dapat dinikmati oleh masyarakat sekitar,” kata Camat Winong.
Sunaryo mengatakan, gerakan penanaman bersama itu juga mendapatkan apresiasi Perum Perhutani selain ada kerja sama untuk menjaga kawasan hutan, juga lokasi penanaman merupakan lahan milik perhutani. “Sementara pihak desa di dekat lokasi penanaman memiliki komitmen kalau pun nanti setelah ditanam ini masyarakat juga memelihari tanaman aren itu sampai tumbuh subur dan ada hasilnya. Jadi mereka tidak hanya menanam tapi juga memelihara,” terang Sunaryo.
Camat Winong Sunaryo menuturkan, penanaman bibit pohon aren memang di lakukan di wilayahnya salah satunya di Desa Guyangan karena diperkirakan ada potensi tanah longsor.(pas-gus)

0
0
0
s2sdefault
Joomla templates by a4joomla