Dua Tanggul Jebol di Dua Titik Akibat Hujan Deras

101fm, Pati Kota – Dua tanggul di dua tempat berbeda di wilayah Kecamatan Pati jebol akibat terkikis aliran sungai. Akibatnya luapan air menggenanangi permukiman warga dan jalan penghubung antar kabupaten maupun jalan nasional jalur pantura.
Hujan deras yang turun Selasa (14/1/2020) sejak pukul 5.30 hingga 7.30 mengakibatkan volume air yang mengalir di sungai tinggi dengan debit deras. Dampaknya dua tanggul di dua titik berbeda jebol.

Menurut Kapusdalops BPBD Kabupaten Pati Sunarto, hujan deras yang turun tadi memang membawa efek selain rumah-rumah warga sempat kemasukan air, limpasan akibat tingginya volume air sungai juga mengakibatkan jalan penghubung tergenang. “Efek hujan satu tanggul di satu titik alur Sungai Simo, dan satu titik lainnya di alur Sungai Bapoh jebol,” kata Kapusdalops BPBD Pati Sunarto.
Seorang pengendara sepeda motor Arifin yang hendak menuju ke arah Tayu mengatakan, dia sempat berhenti sesaat karena genangan air tinggi, diduga akibat jebolnya tanggul di sebelah barat jembatan Simo hingga menggenangi jalur pantura Pati – Juwana KM 4, meski tidak mengganggu lalulintas. “Ketinggian air mencapai dua puluh senti meter hingga tiga puluh senti meter. Untuk mengantisipasi kendaraan macet, saya berhenti hingga air surut,”
Sementara luapan air Sungai Simo akibat jebolnya tanggul di Desa Sidokerto mengakibatkan jalan raya Pati – Tayu sebelah utara RSUD RAA Soewondo tergenang hingga dua puluh senti meter. Sejumlah pengendara ada sebagian yang terpaksa berhenti menunggu surutnya air yang merendam jalan provinsi antar kabupaten itu. Sementara pengendara harus menuntun kendaraannya yang macet karena nekat menerobos genangan air.(pas-gus)

0
0
0
s2sdefault
Joomla templates by a4joomla