Balingtan Ajari Persit Kodim Pati Cara Budidaya Ikan Dan Tanaman Holtikultura Dengan Sistem Aquaponik

Pati –  Pengurus dan anggota Persatuan Istri Tentara (Persit) Kartika Chandra Kirana XXXIX/Kodim Pati mendapat pelatihan cara budidaya ikan, dan tanaman holtikultura dengan sistem aquaponik. Pelatihan yang menghadirkan Balai Penelitian Lingkungan Pertanian (Balingtan) Pati, berlangsung di aula Suluh Bakthi Makodim Pati, Jumat pagi (15/9).

Dandim 0718/Pati Lektol Inf Andri Amijaya Kusumah berharap, Pengurus dan anggota Persit untuk selalu meningkatkan dan memelihara kekompakan sesama anggota, dan meningkatkan kepedulian sosial dalam hidup bermasyarakat. Salah satunya menularkan virus dari pelatihan-pelatihan keterampilan yang diikuti kepada masyarakat, Seperti halnya cara budidaya ikan dan tanaman holtikultura dengan sistem aquaponik.
“Sebentar lagi kita akan menghadapi lomba Binter tingkat nasional. Oleh karena itu saya mohon dukunganya kepada ibu-ibu, semoga Kodim Pati bisa mendapatkan peringkat yang terbaik yaitu sebagai juara I,” katanya.
Kepala Balintan Pati Sukarjo.STP.M.P, yang dibutuhkan saat hendak membudidayakan lele maupun tanaman holtikultura, yang utama harus  memahami metodenya. Yaitu penggabungan kolam yang berisi ikan dengan tanaman diatasnya.
“Ini akan memberikan dua keuntungan sekaligus. Yaitu dengan memelihara ikan, serta tanaman (biasanya kebanyakan sayuran) yang nantinya hasil dari air yang berisi ikan akan di alirkan ke dalam media hidroponik. Air dari kolam itulah yang menjadi nutrisi untuk tumbuhan yang ada di dalam media hidroponik tersebut,” katanya.
Diakhir pelatihan itu, Pengurus dan anggota Persit mendapatkan siraman rohani, yang menghadirkan penyuluh agama dari Kemenag Pati, Muhsinudin.(•)

0
0
0
s2sdefault
Joomla templates by a4joomla