Bupati Pati Pati Tegaskan Penggunaan Bankeu Harus Tepat Sasaran

101fm, Pati Kota – Pemerintah Pusat telah akan menyerahkan bantuan keuangan kepada seluruh desa di Indonesia, tanpa terkecuali di wilayah Kabupaten Pati. Hanya saja dalam penggunaannya harus tetap sasaran dan penggunaannya.
Pemberian bantuan ke desa-desa dengan nilai hingga ratusan juta rupiah bahkan milyaran rupiah, untuk peningkatan sarana prasarana dan kesejahteraan rakyat. Untuk itu pemerintah berharap penggunaan bantuan keuangan lebih tepat sasaran.

Pada sosialisasi pemantapan penerimaan bantuan keuangan di Pendopo Kabupaten Pati belum lama ini, Bupati Haryanto mengatakan, hingga sekarang ini kades di Kabupaten Pati yang bermasalah dalam pengelolaan alokasi dana desa (ADD) maupun dana desa (DD) belum ada. “Ini harus direncanakan dengan baik. Kalau perencanaannya baik, pelaksanannya juga harus baik. Saya berharap ADD dan DD digunakan sesuai dengan regulasi,” kata Bupati Pati.
Haryanto menegaskan, persetujuan APBDes yang didalamnya memuat pengelolaan bantuan keuangan dari pemerintah seperti ADD dan DD telah mendelegasikan kepada camat. Dan sebagai bentuk pertanggungjawabannya kepada masyarakat pengelolaan bantuan keuangan harus berani membuat banner yang ditempel di tempat-tempat strategis. “Itu jangan sampai penggunaan dana desa itu tidak tepat sasaran tidak tepat waktu apalagi tidak tepat penggunaan justru nanti malah menyimpang. Ini bagaimana caranya ADD dan DD bisa bermanfaat dan tidak ada penyimpang,” ujarnya.
Untuk itu sejak awal sebelum bantuan keuangan baik ADD maupun DD ditransfer ke masing-masing rekening pemerintah desa, Pemkab Pati telah menyosialisasikan pengelolaan bantuan keuangan tersebut kepada para kepala desa di wilayahnya dengan melibatkan Kejaksaan Negeri dan Polres Pati.(pas-gus)

0
0
0
s2sdefault
Joomla templates by a4joomla