KUMIMA Gelar Workshop dan Bazar Mandiri

101fm, Pati Kota – Untuk mengenalkan serta memasarkan produk-produknya, pelaku UMKM anggota Kelompok Usaha Mandiri Indonesia Maju (KUMIMA) Pati menggelarkan workshop dan bazar di aula Dinas Koperasi dan UMKM Pati, Minggu (8/3/2020). Mereka menggelar workshop dan bazar secara mandiri, untuk memupuk rasa percaya diri anggotanya dalam mengembangkan usahanya sebagai pelaku UMKM.

Workshop dan bazar KUMIMA ‘Menyongsong Kebangkitan UMKM Unggul Indonesia Maju’ itu mengikutsertakan 150 anggotanya itu menggandeng lima belas pendukung acara (sponsor).
Ketua KUMIMA Pusat Agus Yuliono berkeinginan dari workshop dan bazar itu agar para pelaku UMKM di Pati mengetahui mereka bisa berkolaborasi dan bersatu bersinergi, sehingga produk-produknya dapat dikenal masyarakat. “Upayanya dengan pembentukan Kumima per zona dan per kelompok. Dan tiap-tiap dapil kita bentuk Kumima nantinya bisa berkoordinasi dengan mitra-mitra kami yang nantinya ada kerjasama agar produk-produk teman-teman UMUM Kumika bisa terdistribusi di Jawa Tengah,” katanya.
Ketua KUMIMA Pusat Agus Yuliono mengatakan, pembiayaan penyelenggaraan workshop dan bazar sehari itu swadana sendiri untuk menjadi mandiri, tanpa bantuan pemerintah terkecuali fasilitasi tempat penyelenggaraan.
Penasehat KUMIMA Pusat Pati Sukarno yang juga anggota DPRD Kabupaten Pati mengaku salut dengan sepak terjang para pelaku UMKM yang tergabung di komunitas ini. Meski baru tiga bulan mampu bermitra dengan banyak pihak dalam memasarkan produk-produknya. “Meski baru tiga bulan membentuk KUMIMA ini bertujuan memfasilitasi dalam hal marketing (pemasaran) produk-produk pelaku UMKM yang tergabung di KUMIMA ini,” katanya.
Kabid UMKM pada Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Pati Kristiyanto mengatakan, KUMIMA ini merupakan komunitas yang bersifat mandiri sehingga tidak menanti kegiatan dari pemerintah, seperti kegiatan workshop dan bazar yang mereka selenggarakan dengan swadana. “Mereka mencari pendukung atau sponsor juga sendiri. Selama ini pemkab memang hanya menyediakan tempat saja. Saya mengucapkan terima kasih kepada teman-teman UMKM ini dan ini bisa jalan sendiri tanpa adanya banyak dukungan dari pemerintah daerah. Karena dukungan pemerinta daerah terbatas dan tidak bisa mencakup semua kegiatan,” ujarnya.
Kabid UMKM Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Pati Kristiyanto berharap untuk program UMKM di Pati naik kelas serta dorong UMKM Pati bisa meningkatkan produksinya secara maksimal.(pas-gus)

0
0
0
s2sdefault
Joomla templates by a4joomla