Dampak Covid-19 Bikin PMI Pati Krisis Stok Darah

101fm, Pati Kota – Kebijakan pemerintah yang membatalkan semua kegiatan dan membatasi interaksi masa dalam upaya mencegah penyebaran covid-19, berimbas terhadap ketersediaan darah di PMI Pati. Bahkan kantong-kantong darah yang tersedia, hanya mampu mencukupi untuk kebutuhan selama tiga hari kedepan.
Persediaan darah di PMI Kabupaten Pati, tiga hari pasca pemerintah memberlakukan pembatasan dan meliburkan kegiatan yang melibatkan masa, semakin menipis. Bahkan PMI juga harus membatalkan agenda donor darah yang sudah terjadual.

Humas PMI Kabupaten Pati Syafaati mengatakan, kondisi ketersediaan darah di PMI Pati sekarang ini kritis, hanya mampu untuk memenuhi kebutuhan tiga hari saja. Sementara untuk jemput donor darah terkendala dengan kebijakan yang diinstruksikan pemerintah dalam upaya pencegahan covid-19. “Jadual yang kami buat selama sebulan kami batalkan semua. Ada sekitar tujuh agenda donor darah itu merupakan jumlah yang banyak karena sistemnya persediaan darah di PMI itu mengalir tidak kita stok banyak tapi untuk kedepan jalan di tempat tidak begitu. Jadi hari ini besok pagi digunakan, karena darah itu ada masa berlaku,” tuturnya.
Untuk mengatasi kondisi seperti itu, kata Syafaati pihaknya memberlakukan sistem donor tukar. Untuk setiap pasien yang membutuhkan darah harus membawa pendonor untuk menukar darah yang dibutuhkan tanpa memandang golongan darahnya. “Karena PMI dari masyarakat untuk masyarakat, tapi PMI tetap semangat untuk kemanusiaan tapi terkalahkan dengan kebijakan yang ada. Kita tidak bisa memaksakan instansi itu untuk mengadakan donor karena itu kebijakan masing-masing instansi,” jelasnya.
Humas PMI Kabupaten Pati Syafaati menegaskan, tidak akan ada penularan covid-19 melalui transfusi darah, karena untuk menjadi pendonor mensyaratkan harus dalam kondisi sehat. Sedang bagi mereka yang pulang bepergian dari luar negeri tidak serta merta bisa mendonorkan darahnya, dan mengharuskan menjalani karantina selama masa inkubasi dua sampai empat minggu, dan mereka dilarang donor darah.(pas-gus)

0
0
0
s2sdefault
Joomla templates by a4joomla