Seorang PDP Covid-19 Meninggal di RSUD KRMT Wongsonegoro Semarang

101fm, Pati Kota – Seorang PDP Covid-19 warga Kabupaten Pati meninggal dalam perawatan di RSUD KRMT Wongsonegoro Semarang, Rabu (25/3/2020). Karena hasil pemeriksaan laboratorium Kemenkes RI yang belum turun, sehingga protokol pemakaman yang bersangkutan seperti orang yang terkena virus corona untuk mengurangi resiko.
Seorang pasien dalam pengawasan (PDP) yang meninggal tersebut seorang mahasiswa yang kuliah di Jakarta dan memiliki riwayat sakit paru-paru. Setelah menjalani pengobatan selama setahun yang bersangkutan sembuh.

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 yang juga Sekda Kabupaten Pati Suharyono mengatakan, pada pertengahan Januari lalu, orang berstatus PDP terinfeksi covid-19 ini pulang ke Pati. Pada 20 Maret lalu dia memeriksakan kesehatannya ke Puskesmas karena sakit. “Saat itu Puskesmas merujuk ke RS Fastabiq Sehat Pati dan dirujuk kembali ke RS Ketileng (RSUD KRMT Wongsonegoro) Semarang. Dan hasil pemeriksaannya belum jadi, menurut informasi dua hari lagi kami terima karena belum jadi. Tapi oleh tim medis kelihatannya mengarah ke covid-19, meski pun ini belum tentu karena setahun lalu yang bersangkutan menderita sakit paru-paru,” tuturnya.
Suharyono mengatakan, setelah melakukan pemakaman, Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 melakukan sterilisasi disinfektan di lingkungan rumah yang bersangkutan, termasuk memonitor keluarga dan tetangganya yang pernah kontak langsung dengan yang bersangkutan. Dan mereka yang dalam pemantauan ini masuk dalam daftar orang dalam pengawasan (ODP). “Kita tunggu saja nanti hasil laboratoriumnya dari Kemenkes RI, mudah-mudahan tidak covid-19 tapi penyakit paru-paru yang dideritanya,” katanya.
Data mutakhir PDP Covid-19 di Pati ada tiga orang, dan 209 ODP. Tiga PDP tersebut, berada di ruang isolasi RSUD RAA Soewondo dua orang, serta seorang di ruang isolasi RSUD Loekmono Hadi Kudus.
Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 yang juga Sekda Pati terus mengingatkan masyarakat untuk menjaga kesehatan, menjaga jarak dengan orang lain atau teman dan kerumunan atau keramaian masa, serta selalu mencuci tangan dengan antiseptic atau mencuri tangan memakai sabun dengan air mengalir.(pas-gus)

0
0
0
s2smodern
Joomla templates by a4joomla