25 THL-TB Penyuluh Pertanian Di Pati Terima SK CPNS

Pati – 25 dari 101 Tenaga Harian Lepas Tenaga Bantu (THLTB) Penyuluh Pertanian di Kabupaten Pati, menerima Surat Keputusan Calon Pegawai Negeri Sipil (SK-CPNS). Penyerahan SK CPNS tersebut berlangsung di Pendopo Kabupaten Pati, Senin pagi (18/9). Ke-25 Tenaga Harian Lepas Tenaga Bantu (THLTB) Penyuluh Pertanian yang menerima SK CPNS itu, yang memenuhi ketentuan yang dipersyaratkan oleh Badan Kepegawaian Nasional (BKN). Rerata persyaratan formal, terkait ketentuan usia.  

“Jadi harapan saya, setelah menjadi CPNS ini, harus mengabdikan dirinya sebagai penyuluh lebih bisa maksimal, dibanding sebelum diangkat menjadi CPNS. Karena menjadi CPNS sekarang sulit. Karena kompetisi sangat ketat. Bahkan mereka anak-anak yang pandai peluangnya tidak ada,” demikian Bupati Pati Haryanto, usai menyerahkan SK CPNS kepada 25 THLTB Penyuluh Pertanian.
Bupati Haryanto menegaskan, prosedur pengangkatan tenaga harian lepas tenaga bantu penyuluh pertanian, maupun tenaga honorer lainnya, harus sesuai aturan.  Seperti halnya bidan, acuannya Peraturan Kementerian Kesehatan. Sedang untuk THLTB mengacu aturan Kementerian Pertanian.
Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan Peternakan dan Perkebunan Kabupaten Pati, Mukhtar Effendi mengatakan, pengangkatan itu sebagai tindak lanjut kesepaktan bersama antara Bupati dan Menteri Pertanian. Karena Pemerintah Kabupaten Pati masih membutuhkan tenaga penyuluh pertanian, untuk pencapaian swasembada pangan.
“Kabupaten Pati termasuk salah satu daerah yang kaitannya dengan luas tambah tanam yang memang berhasil. Sehingga, ini sebagai bentuk apresiasi dari Menteri Pertanian. Dan sebagaian besar mereka yang diangkat karena faktor umur dibawah 35 tahun keatas sudah tidak bisa diangkat,” katanya.
Karena yang menentukan Badan Kepegawaian Nasional (BKN), masyarakat diharapkan untuk mengabaikan bujuk rayu oknum masyarakat yang menjanjikan bisa memasukan CPNS atau menjadi PNS. Apalagi, dalam penerimaannya harus mengikuti seleksi menggunakan Computer Assisted Test (CAT), yang mana hasil test langsung dapat diketahui nilainya.(•)

0
0
0
s2smodern
Joomla templates by a4joomla