Desa Sunggingwarno Musdes-kan Program BLT DD

101fm, Pati Gabus – Pemerintah Desa Sunggingwarno Kecamatan Gabus memusyawarahkan program Bantuan Langsung Tunai (BLT), di balai desa setempat, Selasa (12/5/2020). Musyawarah desa (Musdes) itu, untuk membahas soal pengunaan Dana Desa (DD) yang sebagian diantaranya untuk program Bantuan Langsung Tunai (BLT).
Dana Desa (DD) selain untuk pembiayaan program padat karya tunai (PKT) dan penanganan stunting, juga dapat untuk program Bantuan Langsung Tunai (BLT). Serta pemenuhan infrastruktur, sebagaimana yang sudah diprogramkan sebelumnya. Hanya saja untuk penggunaan dana dan mekanismenya harus dimusyawarahkan dengan melibatkan pemdes dan lembaga desa, serta pejabat muspika. Seperti yang berlangsung di Desa Sunggingwarno Kecamatan Gabus.

"Dengan adanya BLT ini, maka akan ada penggeseran atau penundaan atas anggaran dari perencanaan awal yang sudah ditetapkan, dan Pemdes dapat melakukan perubahan," demikian Camat Gabus Tikno dalam arahannya.
Camat Gabus menjelaskan, program yang tahun ini ditunda, akan menjadi program prioritas di tahun 2021. Karena akan ada sanksi pemblokiran transfer DD tahap III ke rekening desa bila tidak melaksanakan BLT. Khusus sasaran BLT DD adalah keluarga miskin, yang tidak menerima bantuan Jaring Pengaman Sosial dari pemerintah (PKH, BPNT, BST), diutamakan yg dalam keluarga ada yg sakit menahun / kronis dengan mengacu 14 kreteria yang ditentukan pemerintah, maka akan mengalami kesulitan.
Kepala Desa Sunggingwarno Sumeri menjalaskan, musyawarah desa (Musdes) yang telah berlangsung diharapkan tidak akan ada yang disalahkan terkait penentuan penerima BLT DD. Mekanisme penetapan, pertama dilakukan pendataan oleh RT / RW.
"Data yang masuk dari awalnya ada 237 KK, namun setelah diverifikasi, menjadi 75 orang, yaitu setelah dicocokkan dengan data penerima jaring pengaman sosial," pungasnya.
Setelah ditetapkan melalui Perkades data penerima bantuan tersebut segera dimintakan persetujuan Bupati Pati. Desa Sunggingwarno Kecamatan Gabus tahun 2020 menerima DD lebih dari Rp1,220 milyar.(pas-gus)

0
0
0
s2sdefault
Joomla templates by a4joomla