Dinkes Pati Sidak Makanan Minuman Kadaluarsa

101fm, Pati Kota – Dinas Kesehatan Kabupaten Pati melakukan pemeriksaan mendadak ke sejumlah swalayan, Selasa (12/5/2020). Pemeriksaan itu untuk memastikan makanan dan minuman kemasan yang dijual kepada masyarakat tidak kadaluarsa.  Pemeriksaan ke pusat-pusat perbelanjaan tersebut, untuk memastikan kebutuhan masyarakat akan makanan dan minuman kemasan terjamin kelayakanan konsumsinya.

Kepala Bidang SDK pada Dinkes Pati Suwi'i mengatakan, sidak rutinan itu untuk memantau keamanan pangan jelang lebaran. "Disini kita melihat waktu kadaluarsanya. Sebab jangan sampai nantinya kita mendapat informasi adanya barang yang sudah kadaluarsa namun sudah terlanjur dikonsumsi", ujarnya.
Menurut Suwi`i, bukan sekadar melihat waktu kadaluarsanya saja, tapi juga memastikan keamanan wadah barangnya masih baik atau sudah rusak.
Seksi Farmalkes Dinkes Kabupaten Pati Endri Jatmiko mengatakan, produk UMKM di Pati semakin baik sehingga sudah banyak yang masuk ke pusat-pusat perbelanjaan terutama swalayan. “Soal standar kesehatan produk, pihaknya selalu memantau. Sebab sebelum mereka produksi, Dinkes sudah melakukan penyuluhan maupun pendampingan,“ terangnya.
Meskipun sudah melakukan sidak di tiga pusat perbelanjaan di lokasi berbeda, Dinas Kesehatan belum menemukan barang yang sudah kadaluarsa.(pas-gus)

0
0
0
s2sdefault
Joomla templates by a4joomla