108 Kg Lebih Limbah Infeksius Covid-19 Diangkut dari Rumah Karantina

101fm, Pati Kota – Penanganan limbah B3B di rumah-rumah karantina, harus dipisahkan antara limbah infeksius covid-19, dan limbah infeksius fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes). Pemerintah pun membuat aturan khusus untuk memperlakukan limbah infeksius covid-19.
Pemerintah kini membuat aturan khusus dalam penanganan limbah infeksius covid-19. Mulai dari perlakukan usai dipakai, pengumpulan, hingga pengangkutannya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pati Purwadi mengatakan, untuk pengananan limbah infeksius fasilitas pelayanan kesehatan normatif sesuai SK Menkes, sedang penanganan limbah infeksius covid-19 menggunakan SK MenLH dan Kehutanan. “Kita perlu menentukan titik-titik pengumpulannya itu dari rumah karantina Hotel Safin. Setelah melalui proses penyemprotan disinfektan dan sebagainya dimasukkan dalam suatu tong plastik kemudian seminggu dua kali diambil oleh pihak III. Itu dibawa ke provinsi dan akan diolah di pusat,” kata Purwadi.
Purwadi mengaku secara pasti tidak paham pengolahan limbah infeksius covid-19 itu nantinya apakah dimusnahkan, atau diolah dalam bentuk lain. Namun yang pasti perlakukan limbah tersebut sebelum keluar untuk diangkut kendaraan keluar rumah karantina dipastikan sudah aman. “Itu ada ketentuan tersendiri, transporternya berizin khusus, dan pihak III juga berizin khusus dari Kemen-LH dan Kehutanan tidak bisa asal mobil box mengangkut itu tidak bisa. Limbah-limah infeksius covid-19 sebelum diangkut untuk dibawa ke provinsi lebih dulu disemprot disinfektan kemudian masukkan ke dalam tas kresek putih, petugas yang mengambilnya pun juga menggunakan APD,” jelasnya.
Kepala DLH Kabupaten Pati Purwadi mengatakan, pihaknya memperlakukan sisa dan bungkus makanan yang telah digunakan warga yang menjalani karantina sama seperti limbah infeksius covid-19. Sehingga limbah infeksius covid-19 yang diangkut untuk diolah di Kementerian LH dan Kehutanan RI mencapai berat 108,27 Kg.(pas-gus).

0
0
0
s2smodern
Joomla templates by a4joomla