Cetak
Dilihat: 115

101fm, Pati Tayu – Generasi milineal sekarang ini harus mau mempelajari dan memahami nilai-nilai yang terkandung pada dasar negara Pancasila yang dideklarasikan pada 1 Juni tujuh puluh lima tahun yang lalu. Keterlibatan para tokoh agama dan negarawan dari penjuru tanah air, Lima sila yang terkandung di dalamnya merupakan mencerminkan kehidupan dan kepribadian bangsa Indonesia, sehingga generasi penerus bangsa Indonesia harus mewarisi nilai-nilai Pancasila.
Pancasila sebagai dasar negara sudah sejalan dan sesuai dengan kehidupan dan kepribadian bangsa Indonesia. Generasi muda sebagai penerus bangsa harus mau mempelajari, memahami dan mewarisi nilai-nilai lima sila pemikiran para pendiri negara Indonesia.

“Kalau kita mau mempelajari dan memahami dengan benar Pancasila benar-benar pas untuk kepribadian bangsa Indonesia. Tapi maaf akhir-akhir ini nilai-nilai Pancasila itu sudah mulai berkurang. Di sinilah bagi para generasi muda sekarang ini untuk mempelajari terutama sila Ketuhanan Yang Maha Esa. Dengan memahami sila ini orang tidak akan menjadi phobia (ketakutan),” demikian Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Pati KH Mujib Sholeh dalam wawancara Kopi Pagi Radio PAS Pati, Senin (1/6/2020).
Peringatan Hari Lahir Pancasila ini, kata tokoh NU Pati ini menjadi gerakan untuk membangkitkan warga bangsa Indonesia untuk mengamalkan nilai-nilai Pancasila yang mengutamakan kerukunan dan musyawarah serta saling menghargai sesama anak bangsa. “Insya Allah kalau kita benar-benar mau menelaah hidup kita akan enak, nyaman dan kepenak. Karena intinya saling hormat menghormati. Untuk itu saya sebagai orang yang dituakan di Pati berharap generasi muda mau memahami nilai-nilai Pancasila, karena generasi muda menjadi barisan terdepan untuk mengamalkan Pancasila,” ujarnya.
Ketua MUI Kabupaten Pati KH Mujib Sholeh mengajak seluruh warga Indonesia dalam berkehidupan bernegara dan berbangsa senantiasa berpijak pada nilai-nilai Pancasila tanpa mengesampingkan ajaran agama yang dianutnya.(pas-gus)

0
0
0
s2smodern
powered by social2s