Psikolog Forensik Masih Bujuk Korban Beri Keterangan

101fm, Pati Kota – Sejak mengalami kekerasan asusila, bocah korban pencabulan belum bisa dimintai keterangan. Diduga korban mengalami trauma psikis, untuk mau bercerita atas kejadian yang menimpa korban, psikolog forensik butuh waktu beberapa hari.
Seorang bocah berusia lima tahun yang menjadi korban kekerasan asusila, hingga sekarang masih trauma. Bocah tersebut akan terdiam, saat seseorang memintanya untuk bercerita atas tindakan tersangka pelaku kekerasan asusila SY.

Psikolog Forensik RSUD RAA Soewondo Pati Siti Fatkhurrohmah SPsi mengatakan, untuk memeriksa keterangan bocah korban kekerasan asusila membutuhkan ketelatenan dan waktu yang lama, karena mengalami trauma psikologis. “Saya bisa melakukan pemeriksaan tapi sekali lagi pemeriksaan itu tidak seperti saya dokter umumnya. Begitu pasien datang kita bisa langsung kita periksa itu. Tapi perlu diketahui kondisi yang melakukan trauma itu kita harus melakukan sesuatu yang anak ini nyaman dulu,” tuturnya.
Psikolog Forensik RSUD RAA Soewondo Pati Siti Fatkhurrohmah mengatakan, pemeriksaan yang dilakukan terhadap korban ini untuk membuat perkara atau kasus kekerasan asusila ini menjadi jelas. Ini untuk menghindari kesalahan dalam pemeriksaan terhadap keterangan korban tindak pidana. “Cuma saja hari ini dia tadi karena mungkin pemeriksaannya ada dia harus masuk di ruangan saya, saya perlu membujuk ‘Bunda nggak apa-apa, kita mau bermain, ini Bunda punya banyak boneka. Dia bisa menceritakan mungkin pada pertemuan ke-3, korban belum bisa menceritakan tidak semudah itu,” ujarnya.
Seperti yang radio PAS Pati siarkan, tindak pidana kekerasan asusila oleh tersangka SY oknum Ketua RT di Desa Kebolampang Kecamatan Winong terhadap korban bocah berusia lima tahun, terjadi pada 21 Mei 2020 lalu. Untuk memuluskan niat jahatnya itu, tersangka SY mengiming-imingi korban dengan uang dua ribu rupiah, setelah mendatangi rumah orang tua korban dengan dalih mendata warga calon penerima bantuan sosial pemerintah.(pas-gus)

0
0
0
s2smodern
Joomla templates by a4joomla