Cegah Corona Berjangkit, Pedagang dan Pembeli di Pasar-Pasar Desa Dirapid Test aga Kerja

101fm, Pati Kota – Para pedagang dan pembeli di pasar-pasar desa akan menjadi sasaran pemeriksaan kesehatan dengan rapid test. Upaya ini dilakukan untuk mencegah penularan virus corona di Kabupaten Pati.
Dalam upaya memutus mata rantai virus corona, Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Pati merapid test pengunjung dan pedagang di sejumlah pasar desa. “Tujuannya antisipasi dini terhadap pencegahan dan penularan covid-19. Ini kita belajar dari Pasar Lobong Semarang, Pasar Sayung Demak, dan Pasar Kliwon Kudus yang memunculkan klaster baru penyebaran covid-19,” demikian Kalakhar Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pati Martinus Budi Prasetya, saat diwawancara PAS Pati, Rabu pagi (17/6/2020).

Untuk rapid test sendiri, kata Kalakhar BPBD Kabupaten Pati Martinus Budi Prasetya, telah dilakukan di tujuh pasar milik pemerintah dan di dua pusat perbelanjaan. Sedang di pasar desanya ada sepuluh titik. Seperti Pasar Gabus, Pasar Sukolilo, Pasar Tambakromo, Pasar Ngemplak Kidul, Pasar Tambaharjo, Pasar Ngablak, Pasar Kuniran, Pasar Tlogowungu, Pasar Karaban dan Pasar Sumberjo. Untuk menghindari penolakan, pihaknya telah berkordinasi dengan para pedagang dan pemerintah desa terkait lebih dulu. “Jadi sebelumnya kami koordinasi dulu bersama tim gugus tugas couvd yang tersirindari unsur DKK, Disdagperin, Satpol PP, TNI/POLRI, kemudian kami hadir duduk bersama dengan Kades selaku penanggungjawab pasar desa masing-masing kita berikan gambaran bahwa rapid test ini tujuannya baik mengantisipasi dini terhadap upaya munculnya covid di pasar. Sehingg pedang diminta Kooperatif mendukung kegiatan ini,” jelasnya.
Kalakhar BPBD Kabupaten Pati Martinus Budi Prasetya menegaskan, sepanjang masyarakat terutama pedagang dan pembeli disiplin dalam pemakaian masker dan cuci tangan menggunakan sabun di air yang mengalir atau menggunakan antiseptik, tidak ada alasan pemerintah menutup aktivitas pasar.(pas-gus)

0
0
0
s2smodern
Joomla templates by a4joomla