Di Pati Semuanya Belum Bisa Menerapkan Tata Kehidupan Baru New Normal

101fm, Pati Kota - Pemerintah Kabupaten Pati belum dapat menerapkan kebijakan tata kehidupan baru (new normal) secara keseluruhan. Termasuk membuka kembali pondok-pondok pesantren.
Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Pati masih harus mengkaji lebih dulu terkait desakan sejumlah pihak, untuk menerapkan kebijakan tata kehidupan baru di tengah pandemi virus corona atau new normal.

"Apalagi masih banyak yang beranggapan tatanan new normal berarti hidup normal seperti biasanya. Padahal tidak seperti itu, melainkan kehidupan yang normal harus disertai dengan menjaga kewaspadaan yaitu memakai masker, pola hidup sehat dan menghidari kerumunan", demikian Bupati Haryanto saat rapat koordinasi menindaklanjuti surat edaran Gubernur Jawa Tengah perihal menuju pemulihan bencana covid-19, di ruang rapat Joyokusumo Setda Pati, Selasa kemarin (23/6/2020).
Pada kesempatan itu, Bupati Haryanto menegaskan, belum semuanya bisa menerapkan new normal. Selaku Ketua Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Pati Bupati Haryanto juga mengatakan, rapat koordinasi itu sekaligus untuk menjaga kelangsungan pelaksanaan tugas fungsi pemerintahan, pelayanan publik, pendidikan, kegiatan perekonomian dan sosial dengan tetap memperioritaskan kesehatan dan keselamatan. Terkait dengan keinginan dari pondok-pondok pesantren untuk kembali buka, kata Bupati Haryanto, pihak-pihak yang terkait harus mempersiapkan sarana prasarana dan SDM yang memadai, diantaranya harus ada Tim Gugus Covid-19 sendiri di lingkungan Ponpes serta menyiapkan tempat karantina.
“Dalam mempersiapkan tatanan new normal penyelenggaraan pendidikan keagamaan, mengacu pada surat edaran gubernur terkait persiapan tatanan new normal. Tentu saja dalam hal ini, penyelenggaraan pendidikan keagamaan sangatlah mendetail aturan dan kriteria yang harus dipenuhi", terang Bupati.
Dari ratusan pondok pesantren yang ada di Kabupaten Pati, kata Bupati Haryanto, yang benar-benar siap dan memenuhi kriteria yang dipersyaratkan hanya belasan diantaranya.(pas-gus)

0
0
0
s2smodern
Joomla templates by a4joomla