Temukan Toko Modern Belum Berizin, Komisi B DPRD Rapat Bersama DPMPTSP

101fm, Pati Kota – Komisi B DPRD bersama Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Pati menggelar rapat koordinasi terkait izin toko modern. Ini dilakukan karena ada temuan toko modern di wilayah Kabupaten Pati yang beroperasi belum mengantongi izin resmi dari pemerintah.
Menyikapi temuan sejumlah toko modern berjejaring di wilayah Kabupaten yang beroperasi tanpa izin resmi, membuat Komisi B DPRD menggelar rapat koordinasi bersama dinas terkait serta pihak toko modern berjejaring.

Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Pati Sugiyono membenarkan pihaknya telah membahas temuan tersebut bersama Komisi B DPRD Pati dan pengelola toko modern berjejaring untuk mencari solusi terbaik. “Perlu kami sampaikan bahwa sampai dengan saat ini ada 138 Toko swalayan yang terjaring. Dari 138 yang sudah memperbarui ijinnya sesuai dengan Perda nomor 2 tahun 2019 dan sesuai dengan sistem OSS online ini baru 19 yang mengajukan izin,” katanya.
Karena harus menyesuaikan dengan sistem OSS online, kata Kepala DPMPTSP Sugiyono semua toko modern berjejaring harus segera memperbarui perizinananya melalui Online Single Submission (OSS) untuk mendapatkan surat izin perdagangan (SIP).
Usai mendampingi rapat koordinasi itu, Ketua DPRD Kabupaten Pati Ali Badruddin merekomendasi kepada Bupati Pati untuk memerintahkan agar masing-masing organisasi pimpinan daerah (OPD) mendata ulang keberadaan toko-toko modern berjejaring. Ini agar jelas berapa banyak yang sudah atau yang belum mengajukan dan mendapat izin kembali. “Kalau sudah kita perintahkan tidak mau mengajukan izin baru ya kita tutup. Bila mereka sengaja membandel, nanti kita perintahkan untuk ditutup. Tapi kalau mereka ada niat untuk mengajukan izin ulang nanti kita cari solusinya,” ujar Ketua DPRD Pati.
Ketua DPRD Kabupaten Pati Ali Badruddin menegaskan, pihaknya masih akan menunggu hasil pendataan ulang di lapangan terhadap toko-toko modern tersebut, untuk kemudian akan kembali menggelar rapat mencari penyelesaian masalah yang saling menguntungkan (win-win solution).(pas-gus)

0
0
0
s2smodern
Joomla templates by a4joomla