Karya Kolaborasi Guru dan Siswa SMA PGRI 2 Kayen Raih Penghargaan Krenova Gubernur Jateng

101fm, Pati Kayen – Mesin produksi kimia karya kolaborasi Guru dan siswa SMA PGRI 2 Kayen mendapat apresiasi dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Karya yang mendapat penghargaan ini, menerima penghargaan pada lomba kreativitas dan inovasi (Krenova) tingkat Jawa Tengah.
Karya Guru yang sekaligus pembimbing tim sains SMA PGRI 2 Kayen bersama siswanya yang menyabet penghargaan kreativitas dan inovasi (Krenova) tingkat Jawa Tengah tahun ini berupa mesin produksi kimia penghasil sabun herbal cair berstandar SNI dan harga ekonomis.

Guru Pembimbing Sains SMA PGRI 2 Kayen Muhammad Rouf mengatakan, dalam lomba krenova tujuan awalnya bukan mencari atau meraih penghargaan dari gubernur, tapi sekadar mengikuti alur saja. Karena tujuannya hanya ingin menciptakan mesin penghasil sabun yang memanfaatkan bahan-bahan alami sebagai antiseptic sehingga lebih aman untuk dipakai dan tidak merusak kulit. “Setelah mesin ini saya temukan (ciptakan) apa yang saya inginkan adalah ini bisa diproduksi masal. Jadi saya sebagai seorang guru mengalami banyak kendala dalam hal pemodalan dan pemasaran,” kata Muhammad Rouf.
Muhammad Rouf yang berkali-kali mengantarkan siswa-siswinya meraih prestasi dalam lomba temuan sains ini berharap, ada pihak lain yang bisa membantu memproduksi masal hasil temuannya. Disamping murah, pemasaran alat atau mesin produksi sabun herbal cair itu pemasarannya lebih gampang. “Kemudian harapan saya setelah mesin ini diproduksi masal bisa membantu pelaku UMKM dalam pembuatan sabun herbal cair dan tidak terbebani karena proses pembuatan yang rumit dan susah dikontrol. Karena alat ini dilengkapi dengan sensor pengontrol panas, juga dilengkapi dengan kompor pemanasnya,” ujarnya.
Selain mendapat penghargaan, kata Guru Pembimbing Sains SMA PGRI 2 Kayen pencipta mesin produksi sabun herbal cair Muhammad Rouf juga berkesempatan mendapatkan fasilitas dan pembinaan serta pendampingan menuju Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi (PPBT), melalui kolaborasi antar lembaga penelitian, Inkubator, Technopark dan Kabupaten / Kota di Jawa Tengah. Serta fasilitasi lanjutan seperti pelatihan HKI, Hilirisasi Teknologi, Business Technology Center (BTC), Diseminasi dan Penyertaan Pameran, Layanan Inkubasi serta fasilitasi dalam program Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi (PPBT) dari Kemenristekdikti.(pas-gus)

0
0
0
s2smodern
Joomla templates by a4joomla