Sebelas Ribu Lebih Warga Pati Dirapid Test dan Di-SWAB,

101fm, Pati Kota – Upaya pencegahan penularan virus corona, Pemerintah Kabupaten Pati melalui Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, telah merapid test dan men-SWAB belasan ribu warganya. Terutama bagi warga yang memiliki riwayat kontak langsung maupun mereka sudah terinfeksi.
Hingga saat ini Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Pati telah memeriksa kesehatan baik melalui rapid test maupun SWAB kepada sejumlah 11.380 orang. 1463 orang telah melakukan pemeriksaan kesehatan dengan SWAB, serta 9917 orang dengan rapid test.

“Prosentase kalau dihitung yang dinyatakan positif covid-19 dari dulu hingga sekarang ada sekitar empat puluh orang. Dengan kata lain, kita bisa menekan penyebaran (pengendalian) ini. Ini belum dengan hasil rapid test dan SWAB per 11 Juli lalu,” demikian Bupati Pati Haryanto selaku Ketua Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, usai menghadiri rapat paripurna di Gedung DPRD Pati, Selasa (14/7/2020).
Bupati Haryanto menegaskan, pemeriksaan kesehatan dengan SWAB kebanyakan bagi mereka yang hasil rapid testnya reaktif, namun ada juga yang langsung SWAB. Seperti yang dilakukan kepada para pedagang di Pasar Gembong. “Itu mereka tidak rapid test, saya suruh langsung SWAB saja. Karena saya tahu di situ pasar kecil kok ada indikasi cukup banyak, kemudian saya perintahkan SWAB, hasilnya ada yang positif dan ada yang negatif dan itu orang terkonfirmasi tanpa gejala (asimptomatik). Kalau yang sakit itu tidak ada persoalan kita bawa ke rumah sakit, yang kita kawatirkan itu yang tidak sakit tapi masih bebas bepergian,” tuturnya.
Data perkembangan penanganan covid-19 di Kabupaten Pati hingga saat ini, masing ada 48 kasus kontak erat, 19 kasus suspek, 12 kasus terkonfirmasi tanpa gejala, 11 kasus konfirmasi dengan gejala, dan 27 meninggal dunia.(pas-gus)

0
0
0
s2smodern
Joomla templates by a4joomla