Anggota Komisi IV DPR RI Firman Soebagyo Serahkan Bantuan Ikan dan Olahan Ikan kepada Warga Terdampak Covid-19 di Pati dan Rermbang

 

101fm, Pati Kota – Anggota Komisi IV DPR RI Firman Soebagyo bersama Direktorat Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI, menyerahkan bantuan kepada warga terdampak covid-19 di Kabupaten Pati dan Kabupaten Rembang. Penyerahan bantuan tersebut berlangsung secara daring melalui aplikasi zoom meetting, Rabu (15/7/2020).
Bantuan anggota Komisi IV Firman Soebagyo yang menggandeng Ditjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan KKP-RI untuk warga terdampak covid-19 di Kabupaten Pati dan Kabupaten Rembang itu berupa ikan atau olahan ikan.

Menurut anggota Komisi IV DPR RI Firman Soebagyo, pemberian bantuan ikan dan olahan ikan tersebut sebagai kegiatan perluasan program Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan). Ini upaya Komisi IV DPR RI bersama KKP mendukung dan memastikan sektor perikanan tangkap dan budidaya serta pengolahan ikan tetap berdaya saing di masa pandemi covid-19. “Ikan merupakan produk alam yang luar biasa. Tapi konsumsi perkapita masih sangat rendah termasuk. Penduduk Indonesia memiliki tingkat konsumsi ikan yang masih dikategorikan rendah di kawasan Asia Tenggara,” ujar Firman Soebagyo.
Legislator putra daerah Pati ini mengungkapkan, tingkat konsumsi ikan Indonesia masih kalah dengan Singapura dan Malaysia, apalagi jika dibandingkan dengan Jepang dan Korea. Ini berbanding terbalik dengan luas wilayah Indonesia yang memiliki sumber daya laut yang melimpah. Sebagai sumber pangan, ikan memiliki kandungan gizi yang sangat baik seperti protein sebagai sumber pertumbuhan, asam lemak omega 3 dan 6 yang bermanfaat bagi kesehatan ibu dan pembentukan otak janin, vitamin, serta berbagai mineral yang sangat bermanfaat bagi ibu dan janin. “Namun kami DPR RI bersama Pemerintah Pusat senantiasa ikut berpartisipatif memasyarakatkan gerakan makan ikan yang kita lakukan secara marathon kemarin di Pati dan hari ini di Rembang. Tapi yang masih memprihatinkan adalah produk ikan yang luar biasa namun konsumsi ikan masih rendah ,” kata wakil rakyat asal Desa Kedalon Kecamatan Batangan.
Sosialisasi gerakan memasyarakatkan makan ikan (Gemarikan) itu, kata politikus Partai Golkar anggota Komisi IV DPR RI Firman Soebagyo, juga menjadi bagian program penyerapan produk perikanan lokal yang dihasilkan sekaligus mendorong peningkatan konsumsi ikan nasional . Untuk di wilayah Kabupaten Pati sosialisasi Germarikan dilakukan di Desa Karangwotan Kecamatan Pucakwangi dan Ronggo Kecamatan Jaken, serta di Desa Pasedan Kecamatan Bulu dan Desa Pamotan Kecamatan Pamotan Kabupaten Rembang.(pas-gus)

0
0
0
s2smodern
Joomla templates by a4joomla