PT Dua Putra Makmur Pati Pastikan Limbahnya Aman

101fm, Pati Kota – Managemen PT Dua Putra Makmur Pati memastikan sebelum membuang limbahnya ke perairan umum, aman. Kepastian itu, dengan upaya perusahaan yang bergerak di sektor pengolahan sektor perikanan itu mengolah limbah-limbahnya lebih dulu di Instalasi Pengolah Air Limbah (IPAL).
PT Dua Putra Makmur Pati lebih dulu mengolah limbah cairnya sebelum membuangnya ke perairan umum. Dengan ambang baku sesuai standart Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pati, PT Dua Putra Makmur mengklaim keamanan limbah cairnya bagi ekosistem perairan umum.

Asisten Manager HRD PT Dua Putra Makmur Pati Nyoman Budiyanto menjelaskan, pihaknya sebelum membuang limbah cair mengolahnya lebih dulu di IPAL. Untuk memastikan limbah itu aman, karena ikan di bak penampungan limbah masih tetap hidup.
“Netralisasi limbah sudah kita upayakan agar limbah-limbah kita tidak terlalu menyengat. Serta memenuhi batas baku mutu sesuai imbauan Dinas Lingkungan Hidup,” kata Nyoman Budiyanto.
Pernyataan itu menjawab keingintahuan Komisi C DPR dan DLH Kabupaten Pati yang sempat mensidak di PT Dua Putra Makmur Pati, Sabtu lalu (18/7/2020).
Nyoman Budiyanto menegaskan, pihaknya telah mengolah limbahnya sesuai standart baku mutu, dan pihaknya selalu hasil pengolahan limbahnya ke DLH secara berkala setiap tiga bulan sekali, untuk hasil ujinya. Pihak PT Dua Putra Makmur Pati juga menggunakan pihak ketiga untuk menguji hasil limbahnya. Tentang bau menyengat yang dikeluhkan warga masyarakat, Asisten Manager HRD PT Dua Putra Makmur Pati Nyoman Budiyanto mengaku tidak tahu, dan yang pasti bukan dari perusahaannya. “Bau udara itu kita tidak tahu dari mana asalnya kan? Siapa yang membuang dan mana yang menerima kita tidak tahu,? jelasnya.
Sementara itu, Komisi C DPRD dan DLH Kabupaten Pati mensidak ke perusahaan yang bergerak di sektor pengolahan hasil laut itu, menyusul adanya keluhan masyarakat soal bau menyengat.(pas-gus)

0
0
0
s2smodern
Joomla templates by a4joomla