Dispertan Siapkan Petugas Pantau Ketersediaan dan Kesehatan Hewan Kurban

101fm, Pati Kota – Pemerintah Kabupaten Pati melalui Dinas Pertanian (Dispertan) telah menyampaikan surat edaran untuk pelaksanaan penyembelihan hewan kurban di tengah pandemi covid19. Sedang ketersediaan dan kesehatan hewan kurban sendiri, Dispertan Pati telah menyiapkan petugasnya untuk memantau di pasar-pasar hewan, maupun pemeriksaan kesehatan hewan sebelum dan sesudah disembelih.

Menindaklanjuti surat edaran Pemerintah Kabupaten Pati terkait pelaksanaan penyembelihan hewan kurban, Dinas Pertanian (Dispertan) membentuk tim. Tim tersebut akan memantau kesehatan hewan-hewan kurban. “Ini membentuk tim pemantau kesehatan ya, yang ada di dinas akan memantau di kota sekitarnya maupun ada di wilayah-wilayah kalau di tingkat kabupaten/kota nanti dikoordinir oleh dokter hewan dengan terkait tim pemantaunya, kemudian Kecamatan tuh nanti dikoordinir oleh para menteri-menteri kecamatan kan ada,” demikian Kepala Dinas Pertanian (Dispertan) Pati Muhtar Effendi.
Surat edaran pelaksanaan kurban di tengah pandemi covid19 dari Pemkab Pati, kata Kepala Dispertan Pati sudah disampaikan sampai ke masjid-masjid dan panitia pelaksana kurban. Ini untuk memastikan hewan-hewan sebelihan di seluruh Kabupaten Pati sehat, dan dagingnya aman dikonsumsi masyarakat. “Untuk memastikan kesehatan hewan sebelum dipotong, H-1 kita akan lakukan pemeriksaan rutin terhadap hewan kurban baik bentuk luarnya (fisik, mata dan kulitnya), yang pasti bebas dari penyakit. Pada hari H-nya ketika disembelih daging (jeroan) terutama di bagian hati ada cacing pitanya tidak boleh diberikan kepada masyarakat,” tuturnya.
Kepala Dispertan Kabupaten Pati Muhtar Effendi mengatakan, di surat edaran (SE) Bupati Pati dalam pelaksanaan penyembelihan kurban juga mengatur pemberian dagingnya kepada yang berhak dilarang menggunakan plastik, atau menggunakan daun pisang atau wadah yang ramah lingkungan seperti besek.(pas-gus)

0
0
0
s2smodern
Joomla templates by a4joomla