105 Pejabat di Lingkungan Pemkab Pati di-SWAB

101fm, Pati Kota – Hampir seluruh unsur pejabat di lingkungan Pemkab Pati mengikuti uji SWAB. Uji tersebut untuk memastikan ada tidaknya pejabat yang terpapar corona. Uji SWAB yang berlangsung di halaman samping di Pendopo Kabupaten Pati, Sabtu pagi (25/7/2020) melibatkan 105 unsur pejabat di lingkungan Pemkab Pati, termasuk bupati, wakil bupati, sekda, para asisten sekda, camat dan kepala organisasi perangkat daerah (OPD).

Diwawancara radio PAS, Bupati Pati Haryanto mengatakan, SWAB ini untuk mengantisipasi lebih awal dalam pencegahan corona. Karena sejumlah daerah pejabat utamanya yang positif terpapar corona. “Saya punya kekawatiran, karena para pejabat ini setiap hari bertemu dengan siapa saja, termasuk saya. Sehingga rentan terhadap penularan maupun terdampak. Oleh karena itu saya suruh SWAB semua termasuk staf di BPKAD. Karena antara isue positif atau negatif tapi saya lebih cenderung antisipatif dan hasilnya nanti kita beritahukan kepada teman-teman yang terdampak mau tidak mau saya istirahatkan supaya tidak menular,” katanya.
SWAB ini berawal dari informasi adanya penularan corona di lingkungan kantor termasuk di perkantoran Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Sehingga Bupati selaku Ketua GTPP Covid19 Haryanto memerintahkan Sekda untuk meminta seluruh pejabat dan kepala OPD melakukan SWAB. Ini termasuk mendata ASN yang tinggal di luar daerah. “Jadi pegawai yang ‘nglajo’ dari luar daerah – daerah zona merah dan itu grafiknya meningkat, saya sarankan tinggal di Pati sementara atau Work From Home (WFH) itu Sekda sudah saya perintahkan untuk mendata agar tidak menjadi kekawatiran teman-temannya. Saat ini saya sudah beri kesempatan ASN yang tinggal di Jepara dan Semarang untuk WFH karena keluarganya di sana,” ujarnya.
Menurut Bupati Haryanto ASN yang disarankan WFH, ada yang berprofesi guru maupun staf di lingkungan Pemkab Pati.
Langkah ini, kata Bupati yang juga Ketua GTPP Covid19 Pati Haryanto agar pelayanan publik tetap berjalan, tanpa ada rasa was-was.(pas-gus)

0
0
0
s2smodern
Joomla templates by a4joomla