Tebar Ikan di Tambak Polres dan TNI Dorong Ketahanan Pangan Masyarakat

 

101fm, Pati Kota – Memasuki tahapan adaptasi kebiasaan baru di tengah pandemi covid19, Polres bersama Kodim 0718/Pati menebar ribuan benih ikan. Ini untuk menguatkan potensi masyarakat dalam meningkatkan ketahanan pangan.
Polres dan Kodim 0718/Pati menebar ribuan bibit ikan lele di lahan tambak petani di Desa Mustokoharjo Kecamatan Pati, Senin (27/7/2020). Selain untuk program ketahanan pangan, penebaran bibit lele ini juga untuk meningkatkan pendapatan petani tambak.

“Ini dalam rangka adaptasi kebiasaan baru yang mana masyarakat diharapkan bisa produktif dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Salah satunya kita mengadakan prograk ketahanan pangan dengan memberikan sepuluh ribu bibit ikan leli kepada warga desa. Sehingga harapkan kami warga Desa Mustoharjo bisa bertahan dalam swasembada pangan atau kembali produktif di masa pandemi covid19,” demikian Kapolres Pati AKBP Arie Prasetya Syafaat usai melakukan penebaran ikan.
Kapolres Pati AKBP Arie Prasetya Syafaat menambahkan, program ketahanan pangan tidak hanya dengan menebar ikan saja, tapi akan disesuaikan dengan potensi sumber daya pangan yang ada di desa.
Dandim 0718/Pati Letkol CZi Adi Ilham Zamani berharap, dengan penebaran bibit ikan ini masyarakat dari tingkat desa, kecamatan dan kabupaten bisa berswasembada pangan, mulai dari padi sampai lauk pauknya. Dalam ketahanan pangan di tingkat paling bawah desa ini, melibatkan kiprah dari Babinsa dan Babinkamtibmas dengan memberikan pendampingan, terutama dalam mengembangkan sumber daya alamnya. “Ya kita dalam hal ini berkoordinasi dengan dinas-dinas terkait tentunya leading sector-nya Dinas Pertanian yang memiliki kemampuan secara teorinya dan babinsa – banbinkamtibmas memberikan pendampingan,” jelasnya.
Untuk titik-titik yang akan menjadi lokasi program ketahanan pangan untuk menggerakan perekonomian masyarakat berdasarkan laporan babinsa dan babinkamtibmas seperti program kampung siaga covid19 yang sudah tersebar di sejumlah desa di seluruh Kabupaten Pati.
Turut hadir pada tebar bibit ikan lele tersebut, Ketua dan Pengurus Cabang Bhayangkara Polres Pati, Ketua dan Pengurus Persit Candra Kirana Kodim Pati, Kapolsek, Danramil serta Kades Mustokoharjo Agus Supriyadi beserta perangkat desanya. (pas-gus)

0
0
0
s2smodern
Joomla templates by a4joomla