Peringati Hari Maritim, TNI/Polri Bersih-Bersih Sampah Di Sungai Juwana

Juwana  – Memperingati hari maritim, personil TNI/Polri, PNS Kecamatan, Petugas Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas III Juwana, dan warga setempat bersih-bersih sampah di Sungai Silugonggo yang melintas di wilayah Juwana, Jumat pagi (29/9). Sekitar seratusan orang terlibat dalam aksi karya bhakti gotong royong membersihkan sampah di Sungai Silugonggo, yang melintas di sekitar Pelabuhan dan TPI Juwana, turut Desa Bajomulyo Kecamatan Juwana.

Danramil 02/Juwana Kapt Inf Yahudi SSos mengatakan, karya bhakti bersih-bersih sampah itu, merupakan rangkaian program, dan target Sungai Juwana bebas sampah agar tetap lestari dan nyaman untuk kepentingan Masyarakat.
“Kegiatan ini akan di laksanakan setiap bulan bersama instansi lainya.  Melalui Jumat Bersih ini, semua aliran sungai Silugonggo dibersihan dari sampah dan limbah industri yang selama ini mencemari sungai Silugonggo. Termasuk anak sungai yang bermuara ke sungai Silugonggo,” katanya.
Kapt Inf Yahudi SSos berharap, kegiatan bersih-bersih sampah untuk menumbuhkan budaya malu membuang sampah sembarangan. Serta memotivasi masyarakat di sepanjang aliran sungai Silugonggo untuk tidak membuang sampah ke sungai.
“Harapanya masyarakat, sadar akan bahaya membuang sampah sembarangan sehingga mengganggu aktivitas kapal terutama kapal yg ukuran kecil. Bersama kelurahan, Koramil Juwana akan mendata warga masyarakat yang belum memiliki jamban sendiri, dan  masih Buang Air Besar Semarangan (BABS) di sungai, akan menjadi sasaran program Jambanisasi TNI Angkatan Darat, sehingga sungai bisa bebas dari kotoron limbah,”ujarnya.
Kegiatan bersih-bersih sampah di Sungai Silugonggo yang melintasi pelabuhan dan TPI Juwana itu, akan memperlancar aktifitas kapal, serta aliran air yang selama ini menjadi momok terjadinya banjir.(•)

0
0
0
s2sdefault
Joomla templates by a4joomla