Desa Eks IDT Sasaran Utama TMMD

Pati – Desa-desa eks Inpres Desa Tertinggal (IDT) masih menjadi sasaran utama TNI Manunggal Membanguna Desa (TMMD). Dan untuk penentuannya, Pemkab Pati dalam hal ini Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dipermades) selalu berkoordinasi dengan Kodim setempat. Penentuan desa yang menjadi sasaran TMMD di Kabupaten Pati, selalu melibatkan antara Pemkab dan Kodim. Biasanya dalam pelaksanaannya mengutamakan desa-desa eks IDT dan daerah perbatasan.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermades) Kabupaten Pati, dr Muhtar SIP mengatakan, selama ini penentuannya selalu melibatkan Pemkab Pati, sementara Kodim bersama jajarannya di wilayahnya menjadi pelaksana program TMMD.
“Secara teknik pelaksanaan TMMD di daeah itu dikoordinasikan dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, terintegrasi dengan program lintas Organisasi Perangkat Daerah (OPD. Sedang Kodim selaku Koordinator Pelaksanaan di lapangan,” katanya.
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermades) Kabupaten Pati dr Mukhtar SIP mengatakan, untuk pelaksanaan TMMD yang kini masih berlangsung di Desa Jembulwunut Kecamatan Gunungwungkal memang agak sedikit mundur waktu pelaksanaannya, karena memang harus diintegrasikan dengan penilaian lomba pembinaan teritorial (Binter)  di Kodim 0718/Pati.
“Sasaran lokasi/desa TMMD, diutamakan atau diprioritaskan desa-desa eks IDT, terpencil, tingkat kemiskinannya tinggi, bisa jadi menyasar di daerah-daerah yang sering terjadi konflik sosial. Termasuk daerah pesisir juga menjadi perioritas,” jelasnya.(•)

0
0
0
s2sdefault
Joomla templates by a4joomla