Dandim Pimpin Upacara Peringatan Hari Kesaktian Di Ponpes Al Isti`anah Plangitan

Pati – Pondok Pesantern Al Isti`anah Plangitan, Pati senantiasa menanamkan jiwa nasionalisme dan patriotisme kepada para santrinya, selain ilmu agama yang mereka tekuni. Minggu pagi (1/10), para santri Pondok Pesantren ini melaksanakan upacara memperingati Hari Kesaktian Pancasila, dengan Dandim 0718/Pati Letkol Inf Andri Amijaya Kusumah SSos, sebagai Pemimpin Upacara. Upacara memperingati Hari Kesaktian Pancasila pagi itu, mengikutsertakan 150 santri Ponpes Al Isti`anah Plangitan Pati.  Upacara berlangsung hikmad hingga selesai.

Usai memimpin upacara, Komandan Kodim (Dandim) 0718/Pati Letkol Inf Adnri Amijaya Kusumah SSos berharap, sebagai penerus bangsa wajib memperingati Hari Kesaktian Pancasila, demi tegaknya dan saktinya Pancasila sebagai Idiologi Bangsa Indonesia dari pengkhianatan dan pemberontakan Gerakan-30S/PKI.
“Upaya Komunis/PKI untuk menggoyang Pancasila dilakukan dengan pemberontakan, yang pada puncaknya terjadi pada 30 September 1965, dengan menculik, menyiksa dan membunuh para Jendral terbaik TNI. Semoga kegiatan ini dapat mengingat, dan menambahkan pengetahuan tentang sejarah bagi para generasi muda dan para satri, untuk lebih memahami sejarah yang selama ini telah terjadi,” kata Dandim 0718/Pati.
Sesepuh dan Pengasuh Pondok Pesantren Al Isti`anah Plangitan Pati, KH Nurrohmad selalu mengajak para santri untuk mencintai NKRI. Dan menetang siapapun yang ingin mengubah ideologi Pancasila. Karena Pancasila,  Dasar Negara dan sumber dari segala sumber hukum di Indonesia.
“Di dalam Pancasila sudah terkandung sila-sila yang disusun dan dibuat oleh para ulama, tokoh agama, dan tokoh pejuang kemerdekaan. Sejarah jangan dilupakan dan generasi pemuda wajib mengetahui sejarah yang sebenarnya. Saya juga mengucapkan terima kasih kepada Dandim yang telah bersedia hadir dan menjadi Inspektur upacara, dalam rangka  memperingati hari kesaktian Pancasila, di Pondok Pesantren Al Isti`anah,” katanya.
Dengan di laksanakan upacara ini, diharapkan generasi muda dan para santri, lebih memahami sejarah  kelam yang terjadi di NKRI. Dan idiologi Pancasila untuk mengayomi keberagaman suku bangsa, dan agama.
Hadir saat upacara itu, Danramil 01/Pati Kapt Inf Suyatno, Kapolsek Pati AKP Puji Astuti, serta anggota Komisi D DPR Kabupaten Pati Endah Sri Wahyuningati, serta Kades Plangitan.(•)

0
0
0
s2sdefault
Joomla templates by a4joomla