Penyandang Disabilitas Keluhkan Minimnya Perhatian Pemerintah

Pati, Kota – Penyandang Disabilitas yang tergabung di Perkumpulan Paguyuban Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) Pati, beraudensi dengan Bupati Pati, Haryanto, diruang kerjanya, Senin pagi (2/10). Pada audensi itu, mereka meminta agar Pemerintah Kabupaten Pati ada perhatian kepada kaum disabilitas.

Audensi Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) Kabupaten Pati kepada Bupati Pati Haryanto, berawal dari kesulitan ekonomi seorang penyandang disabilitas. Karena terbentur dengan mahalnya uang gedung saat memasukkan anaknya ke sekolah umum. Padahal anak itu normal dan memiliki nilai yang cukup, hanya kondisi ekonomi saja yang menjadi kendala.
Usai beraudensi dengan Bupati Haryanto, Ketua PPDI Kabupaten Pati, Suratno menuturkan,  dia sudah menyampaikan permasalahan yang senantiasa dihadapi para penyandang disabilitas. Atas kesulitan itu, Bupati berjanji akan menindaklanjuti sepanjang ada permohonan.
“Bila ada yang membutuhkan beliau pesan, untuk mengajukan permohonan, dan dia akan memfasilitasi. Nah itu tadi saya sampaikan kepada Bupati, dan diterima dengan baik. Dia berjanji akan membebaskan biaya pendidikan anak-anak dari orang tua penyandang disabilitas,” katanya.
Dikonfirmasi radio PAS terkait hal itu, Bupati Haryanto berjanji, akan mengakomodir keinginan para penyandang disabilitas. Bahkan Pemkab Pati, akan memberikan bantuan stimulan untuk modal usaha, yang besarnya antara Rp. 2juta hingga Rp.3juta
“Kalau ini tidak ada masalah, dan mudah sepanjang ada permohonan. Karena membantu semacam itu sudah banyak, apalagi kaum difabel, yang mampu saja yang berprestasi kita berikan beasiswa. Apalagi anak-anak dari kaum difabel, sudah barang tentu kita fasilitasi,” tuturnya.
Hingga saat ini penyandang disabilitas di Kabupaten Pati, yang tergabung di Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI), sekitar 145 orang. Hanya saya yang aktif hadir setiap pertemuan bulanan berkisar antara 35 orang hingga 40 orang.(•)

0
0
0
s2sdefault
Joomla templates by a4joomla