Penyandang Disabilitas, Dijanjikan Dapat Alat Usaha Mandiri

Pati, Kota – Penyandang Disabilitas kini menantikan janji Pemkab Pati, untuk mendapatkan bantuan alat usaha mandiri. Dengan bantuan itu, para disabilitas dapat meningkatkan perekonomian keluarganya.  Para penyandang disabilitas di Kabupaten Pati kini membutuhkan alat produksi untuk membuka usahanya. Seperti mesin jahit untuk membuat kaos atau menerima jahitan, untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, serta tidak bergantung kepada orang lain.  

Ketua Dewan Pengurus Cabang Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia (DPC-PPDI) Kabupaten Pati, Suratno mengatakan, kondisi para penyandang disabilitas pada umumnya dalam keseharian cukup untuk makan. Namun, untuk memenuhi kebutuhan lain, seperti biaya pendidikan anak, masih kurang.
“Makanya Bupati Pati menjanjikan pada 2018 mendatang, akan ada bantuan untuk para penyandang disibilitas  berkisar antara Rp. 3,5juta, untuk modal usaha. Sedang untuk tahun ini hanya Rp.2juta/orangnya. Selama ini memang kita tidak banyak yang tahu, untuk itu kita akan koordinasi dengan Dinas Sosial,” kata Suratno.
Dikonfirmasi radio PAS Pati, Bupati Haryanto mengaku, memang pihaknya telah menerima Pengurus DPC PPDI untuk beraudensi, diruang kerjanya. Dalam audensi itu, panyandang disabilitas berharap ada perhatian dari Pemerintah.  Mereka juga menyampaikan keinginannya, meminta bantuan alat untuk membuka usaha mandiri, berupa mesin jahit. Hanya saja, untuk hibah alat usaha kepada PPDI, Pemerintah Kabupaten Pati mash terganjal dengan aturan yang ada.
“Itu sudah saya sanggupi, hanya saja mereka belum punya badan hukum. Karena hibah mewajibkan dana hibah bisa diberikan kepada  lembaga yang sudah berbadan hukum. Karena Persatuan Penyandang Difabel Indonesia (PPDI) belum memiliki badan hukum, sehingga nanti dinas yang menaungi (Dinas Sosial) nanti memfasilitasi membeli peralatan melalui belanja modal. Setelah itu kita pinjamkan dengan sistem pinjam pakai,” ujaranya.
Bukan hanya bantuan alat usaha mandiri saja, Bupati Haryanto juga berjanji untuk membantu menggratiskan biaya pendidikan bagi anak yang orang tuanya penyandang disabilitas dan ekonominya kurang mampu.(•)

0
0
0
s2sdefault
Joomla templates by a4joomla