Bangun Lab SWAB, Percepat Penanganan Covid di Pati

101fm, Pati Kota – Untuk mempercepat penanganan corona, Pemkab Pati kini mulai membuat laboratorium SWAB. Ini diharapkan akan memberikan kepastian dan kecepatan terhadap pemeriksaan seseorang terpapar virus corona atau tidak. 

Pemerintah Kabupaten Pati saat sedang menyiapkan laboratorium SWAB. Dengan adanya laboratorium SWAB ini, diharapkan hasil pemeriksaan segera diketahui.

“Kalau kita sudah proses pengadaan apa itu alatnya, kemudian kita pada pertengahan ini sudah bisa operasional. Itu dalam rangka untuk menunjang biar percepatan penanganan tidak nunggu hasil SWAB-nya di Semarang kemudian di Salatiga dan di Jogja itu nunggu sampai seminggu,” demikian Bupati Haryanto saat diwawancara radio PAS Pati, Selasa siang (6/10) usai mengikuti rapat paripurna DPRD Pati.

Bupati menjelaskan, dengan memiliki laboratorium sendiri, akan mempercepat Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Pati mengantisipasi terhadap seseorang probable terduga covid dengan lebih cepat. “Dan orang yang diisolasi itu misalnya itu indikasinya negatif sudah segera pulang,” terangnya.

Langkah tersebut dilakukan, kata Bupati Pati Haryanto karena hasil SWAB bisa diketahui dengan segera. Selain juga untuk menjawab tuduhan masyarakat yang menyinggung upaya tenaga kesehatan dan rumah sakit yang sedang berupaya keras menghentikan penularan virus yang belum ada vaksinnya itu.

“Kalau sehari di sini paling nggak hasilnya bisa sampai 200-an. Tapi kalau di sana kan nunggu seminggu. Bila sehari kita tangani sendiri 200 berarti sampelnya kan banyak kemudian hasilnya akurat dan kita sudah bisa mengindikasi ini yang negatif tidak perlu isolasi di tempat karatina, tapi cukup isolasi di rumah,” tuturnya.

Perkembangan penanganan pandemi covid-19 di Kabupaten Pati dalam beberapa hari ini cukup efektif, yang semula status merah kini menjadi status orange.(pas-gus)

 

0
0
0
s2smodern
Joomla templates by a4joomla