Pemdes Bakaran Wetan Gelar Festival Batik Bakaran 2020

101fm, Pati Juwana – Memperingati Hari Batik Nasional, Pemerintah Desa Bakaran Wetan Kecamatan Juwana bersama Karang Taruna setempat, menyelenggarakan Fesvital Batik Bakaran 2020. Ini sebagai upaya untuk melestarikan budaya sekaligus kembali mempromosikan Batik Bakaran.
Di masa pandemi ini, upaya melestarikan budaya sekaligus mempromosikan batik terus dilakukan. Pemdes Bakaran Wetan Kecamatan Juwana dan Karang Taruna menggelar Festival Batik Bakaran 2020 dan Webinar, pada Kamis siang (8/10).

Kades Bakaran Wahyu Supriyo kepada radio PAS Pati mengatakan, kegiatan ini dalam upaya mengembangkan dan meningkatan hasil produk unggulan desa kita berupa batik tulis bakaran warisan leluhur. “Kebetulan kita punya Batik Tulis Bakaran yang di kalangan tertentu itu sudah familiar. Maka kita membuat festival batik bakaran ini dalam rangka memperkenalkan dan membranding lagi agar masyarakat secara luas lebih tahu lagi mana bakaran dan apa itu batik tulis bakaran,” jelasnya.
Wahyu Supriyo menuturkan, ada tiga puluh enam motif batik pilihan yang akan ditampilkan pada pameran secara virtual. Puluhan motif tersebut merupakan karya para perajin batik tulis se-Desa Bakaran Wetan, yang dikoordinasikan untuk menjalin kerja sama dengan BUMDes Makmur Lestari. “Sebagian motif-motif yang sudah baru, sedang motif klasik itu hanya satu atau dua yang dipamerkan. Jadi acara ini sifatnya tertutup jadi nanti juga ada pengamanan ketat. Harapan kami tidak ada satupun orang yang melihat secara langsung, tapi sudah kami share link nanti semua warga masyarakat maupun masyarakat secara umum di Indonesia bisa menyaksikannya melalui virtualnya di live streaming youtube-nya dan di fb Bakaran Wetan,” ujarnya.
Pada Festival Batik Bakaran 2020 dan Webinar itu, kata Kades Bakaran Wetan Wahyu Supriyo, juga diselenggarakan lomba fotografi, lomba swafoto, serta fashion show dan lomba Duta Batik Bakaran. Selain Kades Bakaran Wetan Wahyu Supriyo, narasumber dalam festival itu, Wagub Taj Yasin Maemun, Wakil Ketua Komisi E DPRD Jaten Kang Doel, dan Perajin Batik Tulis Bakaran Mbah Bukari.(pas-gus)

0
0
0
s2smodern
Joomla templates by a4joomla