12Ribuan UMKM di Pati Terima Banpres Produktif

101fm, Pati Juwana – Belasan ribu Usaha Menengah Kecil dan Mikro (UMKM) di Kabupaten Pati, telah diverifikasi oleh Satuan Tugas Pemulihan Ekonomi Nasional (Satgas-PEN) Kementerian Koperasi (Kemenkop) RI. Mereka yang telah terverifikasi, Satgas – PEN Kemenkop RI akan memberikan masing-masing Bantuan Presiden (Banpres) Produktif senilai Rp2,4 juta.
Dipertengahan September lalu, Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Pati telah menerima berkas pengajuan Bantuan Presiden (Banpres) Produktif dari puluhan ribu pelaku UMKM di wilayahnya.

abid UMKM pada Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Pati Hendri Kristianto mengatakan, dari total 62.450 an UMKM yang menyerahkan berkas pengajuan permohonan Banpres Produktif ke Satgas PEN Kemenkop berdasarkan informasi dari bank yang ditunjuk pemerintah telah turun.
“Yang kami daftarkan pengajuan banpres ke kemenkop sebanyak 62.453, hanya informasi data yang masuk ke BRI sekitar 12ribuan UMKM diantaranya,” demikian terang Kabid UMKM pada Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Pati.
Hendri Kristianto mengatakan, dari data UMKM yang sudah masuk ke bank belum semuanya teraliasasi pencairannya. “Untuk yang sudah cair kami belum mengetahui, karena sudah menjadi ranahnya bank, dan kami belum diberi datanya,” terang Hendri Kristianto.
Bantuan Rp2,4 juta dalam bentuk hibah tersebut, kata Kabid UMKM pada Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Pati Hendri Kristianto, memang strategi pemerintah dalam upaya menumbuhkan/mempertahankan pelaku usaha mikro, khususnya di saat pandem.(pas-gus)

0
0
0
s2smodern
Joomla templates by a4joomla