Kelompok Tani Dilarang Pindah Tangankan Bantuan Alsintan Kementan

101fm, Pati Kota – Belum lama ini puluhan kelompok tani (kelomtan) di Pati menerima bantuan alat dan mesin pertanian (alsintan). Meski bantuan bersifat hibah dari pemerintah untuk meningkatkan produksi pangan, namun para penerima bantuan dilarang untuk memindah-tangankan.
Pemerintah melalui Kementerian Pertanian (Kementan) RI memberikan perhatian penuh kepada para petani di Kabupaten Pati. Melalui perjuangan aspirasi anggota DPR RI Firman Soebagyo, Kementan RI mengucurkan bantuan 66 alsintan dan 19 peralatan pasca panen kepada puluhan kelompok tani di Kabupaten Pati.

Menyikapi bantuan alsintan dan peralatan pasca panen itu, Kepala Dinas Pertanian (Dispertan) Pati Muhtar Effendi berharap para petani dapat menggunakan dan merawat bantuan tersebut sesuai pakta integritas. “Nanti ada berita acara serah terima para pihak, dari dinas maupun petani sudah jelas ketentuan, kewajiban dan haknya. Kemudian juga ada persetujuan komitmen yang tertuang di pakta integritas,” kata Kepala Dispertan.
Muhtar Effendi juga mengingatkan para kelompok petani penerima bantuan. Meski bantuan tersebut untuk kelompok tani, sehingga dalam penggunaan dan perawatannya harus dikoordinasikan dan sepengetahuan kepala desa. “Harus dirawat tidak boleh dipindahtangankan, tidak boleh beralih tangan ya. Itu menjadi tanggung jawab mutlak dari kelompok tani ini yang perlu di ingat sudah kita sampaikan bahwa alat ini memang alat untuk kelompok tani yang tidak milik perorangan bisa dimanfaatkan,” tuturnya.
Kepala Dispertan Kabupaten Pati Muhtar Effendi mengatakan, selain penggunaan dan perawatannya, manajemen pengelolaannya juga harus dibahas di sepakati di kelompok tani penerima bantuan.(pas-gus)

0
0
0
s2smodern
Joomla templates by a4joomla