Pemkab Pati Lima Kali Raih Predikat WTP

101fm, Pati Kota - Pemerintah Kabupaten Pati untuk kali kelima menerima penghargaan dari Kementerian Keuangan dengan capaian opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Penghargaan yang diberikan melalui Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Pati atas keberhasilan Pemkab Pati menyusun dan menyajikan laporan keuangan tahun 2019.
Penghargaan dari Kementerian Keuangan ini diberikan oleh Plt Kepala KPPN Pati kepada Bupati Pati dan Wakil Bupati yang didampingi Sekretaris Daerah, Inspektur Daerah dan Kepala BPKAD, pada Senin (12/10)

"Ada dua penghargaan yang diberikan bagi Pemkab Pati, selain capaian opini WTP untuk tahun 2019, juga penghargaan karena berhasil mencapai WTP 5 kali berturut-turut dalam pengelolaan keuangan daerah," demikian Bupati Pati Haryanto didampingi Wakil Bupati Saiful Arifin dan pejabat teras Pemkab Pati.
Bupati mengungkapkan bahwa capaian tersebut adalah hal yang luar biasa. Menurutnya pengelolaan keuangan dan aset daerah tidaklah mudah, sehingga hasil Opini WTP yang diperoleh sejak tahun 2015 sampai tahun 2019 merupakan sebuah prestasi untuk Kabupaten Pati. Dia berharap perolehan opini WTP bisa diperoleh tuntas hingga akhir masa jabatan. Ia menyebutkan menjadi prestasi tersendiri jika kepala daerah bisa menyajikan pengelolaan keuangan dengan opini WTP.
"Dulu bertahun-tahun kita mendapatkan opini WTP sulit sekali. Tetapi Alhamdulillah sekarang kita bisa mengimbangi daerah lain. prestasi ini juga berkat dukungan dari Wakil Bupati, Sekda, Kepala BPKAD dan inspektur daerah. Bupati juga menghimbau Inspektorat agar bisa tetap mempertahankan Opini WTP ini dan Kabupaten Pati bisa mengelola anggaran APBD dengan baik, aset dengan baik dan akhirnya bisa bermanfaat untuk masyarakat," imbuh Bupati.
Plt KPPN Pati Sumarjaka mengatakan Menteri Keuangan memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Pati terkait hasil pemeriksaan laporan pengelolaan keuangan yang tidak adanya catatan apapun dari BPK sehingga mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).
"Sulit bagi bagi daerah untuk mendapatkan opini WTP.  Contohnya ada daerah yang berhasil mengelola keuangan, namun untuk pengelolaan aset milik negara tidaklah mudah. Untuk itu peraih opini WTP adalah pemerintah daerah yang bisa mengelola keuangan dan aset daerah,"  katanya.
Plt KPPN Pati Sumarjaka berharap Pemkab Pati bisa mendapatkan opini WTP setelah 10 tahun berturut-turut dan mendapatkan apresiasi dari pemerintah melalui Kementerian Keuangan.(pas-gus)

0
0
0
s2smodern
Joomla templates by a4joomla