Cetak
Dilihat: 705

Pati, Kota – Lanjutan proses seleksi Calon Orang Tua Angkat (COTA) bayi temuan, kini sudah memasuki tahapan home visit atau kunjungan rumah. Pekerja sosial Kementerian RI yang mengampu proses seleksi pengapdosian bayi temuan, mendatangi satu persatu ke rumah 14 COTA yang terdaftar di Dinas Sosial Kabupaten Pati.

Home Visit atau kunjungan ke rumah calon orang tua angkat (COTA) bayi temuan itu, merupakan prosedur dan mekanisme adopsi. Kunjungan ke rumah para COTA itu, setelah pekerja sosial yang mengampu proses adopsi memberikan edukasi awal, terkait tata cara adopsi itu sendiri.
Pekerja sosial Kemensos RI, Eva Dwi Iriana mengungkapkan, penilaian yang akan dilakukannya terkait hubungan COTA dengan keluarga, hubungan COTA dengan lingkungan, keadaan kesehatan, keadaan ekonomi, motivasi dalam mengadopsi anak, keadaan psikologis COTA, kondisi tempat tinggal, serta struktur keluarga.
“Untuk home visit ke rumah para calon orang tua angkat (COTA) itu sendiri, akan dilakukan pada Rabu (4/10) hingga Senin pekan depan (9/10),” kata Pekerja Sosial Kemensos RI.
Ada 14 rumah calon orang tua angkat (COTA) yang harus dikunjung pekerja sosial itu, untuk mengorek keterangan dan kesiapan pengasuhan sementara hingga akhirnya bayi temuan itu memiliki orang tua angkat berdasarkan ketetapan hukum.
“Dari situ kita nanti akan merangking berdasarkan nilai. Dia yang meraih nilai tertinggi itu yang akan mendapat dan menerima pengasuhan sementara selama 6 bulan,” kata Eva Dwi Irianti.
Bagi pasangan yang terpilih berdasarkan penilaian tim, akan menerima pengasuhan semantara selama 6 bulan dibawah pengawasan pekerja sosial. Setelah enam bulan berjalan baik, Dinas Sosial bersama Pekerja Sosial Kementerian Sosial RI, akan melakukan proses sidang tim perijinan pengangkatan anak (PIPA).(•)

0
0
0
s2sdefault
powered by social2s