Cetak
Dilihat: 89

101fm, Pati Kota – Dua tim sains project SMA PGRI 2 Kayen sukses meraih 1 medali emas dan 1 medali perunggu di ajang Internationale Science and Invention Fair (ISIF) 2020. Penyelenggara mengumumkan kemenangan dan raihan dua medali emas SMA PGRI 2 Kayen berlangsung di Yogyakarta dari 6 hingga 15 November 2020 secara virtual.
Kedua tim sains project SMA PGRI 2 Kayen itu meraih medali emas melalui proyek pemanfaatan limbah abu kulit randu sebagai bahan antiseptik berupa sabun cair, baik untuk mandi maupun cuci tangan, serta desain aplikasi untuk membantu pemerintah dalam penanganan penyakit tuberculosis.

“Alhamdulillah kami memperoleh dua penghargaan. Untuk penghargaan project yang pertama oleh tim yang diketuai Dyah Kusuma Wardani didampingi anggotanya Kamila Rafig dan Bagas Nur Ardanto dengan thema ‘The Utilization of Ash Extract of Randu Fruit Skin and Garlic as Bioanticeptic Soap environmentaly Freindly’ini meraih medali emas,” demikian Guru Pembimbing Tim Sains Project SMA PGRI 2 Kayen Muhammad Rouf.
Selain medali emas, tema ini juga mendapat penghargaan khusus dari Malaysia Innovation, Invention and Creativity Association (MIICA). Project ini di tingkat nasional sebelumnya, gagal meraih medali, dan mendapat apresiasi dari penyelenggara.
Sedang untuk dengan project kedua dengan tema ‘Mock Up Integrated Tb Care Assistance As A Tuberculosis Solution In Indonesia’ yang diketuai Alif Ilham Virdaus didampingi Danu Handrian, dan Dida de Muhammad memperoleh penghargaan medali perunggu. “Ini diikuti empat ratus tim dari Indonesia, dan tiga puluh negara peserta lainnya,” terangnya.
Guru Pembimbing Sains Project SMA PGRI 2 Kayen Muhammad Rouf menjelaskan, Internationale Science Invention Fair (ISIF) merupakan ajang kompetisi ilmiah. Ini untuk mengukur wawasan, pengetahuan dan kemampuan peserta didik dalam mengaplikasikan ilmunya di bidang Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Pada ISIF ini, bidang yang dikompetisikan matematika, fisika energi tehnik, biologi, lingkungan, tehnologi, ilmu sosial.(pas-gus)

0
0
0
s2smodern
powered by social2s