Rapid Test Reaktif, 13 Pedagang dan Pengunjung Pasar Sumberejo Segera Di-Swab

101fm, Pati Kota – Masyarat harus tetap menaati protokol kesehatan (prokes) agar menerapkan mencuci tangan, menjaga jarak, dan memakai masker untuk mengendalikan dan mengurangi penularan corona. Terutama saat ada di tempat-tempat kerumunan masa yang berpotensi terjadinya transmisi atau penularan corona. Di Pasar Sumberejo Kecamatan Jaken, ada sejumlah pedagang dan pengunjung yang hasil rapid testnya reaktif.
Petugas Dinas Kesehatan menemukan 13 dari 28 pedagang dan pengunjung Pasar Sumberejo Kecamatan Jaken yang reaktif hasil uji rapid-nya. Temuan tersebut, saat petugas Dinas Kesehatan yang menjadi bagian dari tim yustisi melakukan upaya pendisiplinan dan penegakan hukum prokes penanggulangan covid-19, di pasar tersebut, Senin kemarin (16/11).

“Saya dapat info dari Dinkes ternyata yang dirapid itu dua puluh delapan totalnya, yang reaktif tiga belas orang diantaranya.Tindak lanjut Dinkes yang menangani lewat Puskesmas. Tapi saya kurang tahu bagaimana tepatnya,” demikian Kepala Satpol PP Kabupaten Pati Hadi Santoso.
Diwawancara terpisah, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pati Edi Siswanto membenarkan hal tersebut. Pihaknya, akan menindaklanjuti temuan itu dengan melakukan swab-PCR terhadap mereka yang hasil uji rapidnya reaktif. “Jadi dinas dan Puskesmas sudah berkolaborasi, dan masing-masing Puskesmas sudah ada tim swab-nya. Kita sudah latih baik teknik dan pelaporannya. Sekarang semua Puskesmas bisa mengupload dan melaporkan sendiri,” katanya.
Kepala Satpol PP Kabupaten Pati Hadi Santoso mengatakan, sampai sekarang pemkab masih melakukan pengetatan terhadap pemakaian masker dengan melakukan operasi yustisi pendisiplinan penegakan hukum penanggulangan covid-19.(pas-gus)

0
0
0
s2smodern
Joomla templates by a4joomla