Cetak
Dilihat: 44

101fm, Pati Kota – Menjaga jarak, mengenakan masker dan mencuci tangan menjadi prioritas pergutuan silat Persaudaraan Setia Hati Teratai (PSHT) Pati dalam berlatih menjelang uji kenaikkan tingkat atau sabuk. Selain untuk menjaga dan menyelaraskan penguasaan jurus silat, latihan jurus dan kenaikkan tingkat di masa pandemi juga untuk meningkatkan imun (daya tahan tubuh).
Perguruan silat Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Pati menggelar latihan bersama menjelang uji kenaikkan tingkat atau sabuk bagi peserta didiknya dari semua rayon di Lapangan Perhutani Pati, Rabu (18/11).

Menurut Pelatih Silat PSHT Pati Eko Wahono, latihan bersama menjelang uji kenaikkan tingkat itu mengikutsertakan 96 pesilatnya dari 14 rayon. “Kami dari pencak silat Persaudaraan Setia Hati Terate cabang Pati Pusat Madiun yang sudah kami terapkan untuk siswa-siswa kami sangat otomatis, kami dalam latihan mengikuti protokol kesehatan dari jaga jarak, selanjutkan dengan masa lalu cuci tangan, dan kita latihan juga menggunakan masker. Terus yang biasanya kalau antara anggota pencak silat itu saling jabat tangan, ini diganti dalam bentu hormat mempertemukan kedua tangan dan menunduk kepala,” terangnya.
Sedang untuk menambah imun siswa, kami berusaha menggunakan teknik pernapasan yang kami miliki, sehingga dalam latihan itu selalu senang. Melalui latihan teknik pernapasan, dapat mengeluarkan racun-racun dalam tubuh yang akhirnya dapat meningkatkan imun. “Jadi harapannya dengan latihan yang ini siswa-siswa PSHT dapat meningkatkan imunya. Karena bagaimanapun kalau sudah menjalani praktik silat dengan senang imunya bisa meningkat,”tuturnya.
Pelatih PSHT Pati Eko Wahono mengatakan, latihan bersama kenaikkan tingkat tersebut, untuk menyelaraskan dan menyamakan materi ujian kenaikan sabuk.(pas-gus)

0
0
0
s2smodern
powered by social2s